Rabu , 26 Juli 2017
Home / Aktivitas Mitra / 1001 Buku Tumbuhkan Minat Baca Anak Indonesia

1001 Buku Tumbuhkan Minat Baca Anak Indonesia

Edupost.ID, Jakarta – Berbagai komunitas atau organisasi di Jakarta semakin tumbuh dan berkembang. Salah satunya komunitas yang bergelut di bidang pendidikan, yaitu komunitas 1001 buku. Komunitas ini ingin turut mencerdaskan penerus bangsa dengan menumbuhkan minat baca anak-anak Indonesia.

Menurut Agustina Handoko, Penanggung Jawab 1001 buku, komunitas ini awalnya hanyalah perkumpulan biasa sebelum menjadi sebuah yayasan. “Ya, dulunya 1001 buku bukan yayasan, kami saling kumpul dari satu tempat ke tempat lain hingga berniat membuat taman bacaan. 1001 buku ingin mendapatkan buku yang sesuai dengan usia dan minat baca anak-anak,” ujarnya. Ia menambahkan, dari proses itulah, kita memiliki jaringan dan bertambah anggotanya sehingga bisa menjadi yayasan.

Ia menuturkan, 1001 buku saat ini memiliki sekitar 350 taman baca aktif hingga Halmahera. Untuk di Jakarta sendiri, ada 9 titik taman baca anak-anak yang diperuntukkan untuk anak sekolah maupun anak jalanan. Dinamakan 1001 buku karena terinspirasi dari cerita 1001 malam yang tidak pernah habis, sehingga akan terus mengusahakan tersedianya buku untuk anak-anak. Para relawan sendiri, ada yang berasal dari Sekolah Menengah Pertama (SMA), mahasiswa, hingga pekerja.

Agustina menjelaskan, kegiatan 1001 buku dimulai dari Kamis hingga Minggu. “Untuk hari Kamis dan Jumat, kegiatan berupa pendampingan membaca kepada anak-anak. Hari Sabtu yaitu pendampingan belajar untuk pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Jepang. Sedangkan hari Minggu, kegiatan kerelawanan, yaitu berkeliling atau fokus pada taman bacaan,” katanya. Lanjutnya, dalam sebulan para pengurus 1001 buku bisa dua kali ke taman baca dengan menyortir buku-buku terlebih dahulu.

Komunitas 1001 buku mendapatkan bantuan dari donatur berupa kendaraan untuk memudahkan proses promosi kegiatan membaca. Selain itu, mereka juga menerima donasi buku dari para relawan. “Kami mendapatkan bantuan dua buah kendaraan untuk perpustakaan dan operasional dari donatur. Untuk mendapatkan buku, kami mengandalkan dari donasi para relawan maupun dari donatur,” ungkapnya. Agustina berharap, kehadiran 1001 buku ini dapat semakin menumbuhkan minat baca anak-anak Indonesia. (Reza)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *