Jumat , 20 Oktober 2017
Home / Aktivitas Mitra / Edupost Ajak Pelajar SMA se-Kota Depok Berlatih Jurnalistik

Edupost Ajak Pelajar SMA se-Kota Depok Berlatih Jurnalistik

Edupost.ID, Depok – Edupost, Portal Pendidikan Indonesia mengajak pelajar SMA se-Kota Depok, Jawa Barat berlatih jurnalistik dalam Workshop Literacy yang diadakan Komunitas Sahabat Langit. Pelatihan yang digelar di Ruang Multimedia SMAN 5 Depok, (9/1) ini mengusung tema “Explore Your Mind”.

Reni Rupini Aisyiandari dari Edupost menyampaikan materi dengan judul “What is Litteracy? How to Marketize our Litteracy to Social Media and News Paper”. Selain menyampaikan materi, para peserta juga diminta Reni untuk praktik menulis berita dalam beberapa simulasi.

Dalam pelatihan itu, Reni menjelaskan bahwa pelajar harus mengenal seluk beluk dunia jurnalistik sebelum membuat tulisan. Menjadi seorang jurnalis bisa terasa menyenangkan karena berinteraksi dengan orang banyak, menjelajahi tempat baru, serta menjadi pahlawan dalam situasi tertentu melalui informasi yang diberikannya. Namun, pekerjaan tersebut bisa menjadi beresiko karena terkadang seorang jurnalis ditempatkan di daerah konflik atau rawan bencana.

“Kita harus belajar jurnalistik karena pers atau media massa merupakan pilar ke empat demokrasi yang sejajarkan dengan tiga pilar lainnya, yakni lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif,” ujar Reni saat menyampaikan materi.

“Sebelum menulis sebuah berita, kita harus menemukan wow faktor terlebih dahulu agar pembaca tertarik. Kemudian perhatikan jenis media, pembaca utama, informasi terbaru dari berita, dan isu utama yang berkembang sebelum membuatnya,” tambah Reni.

Menurutnya, sebelum membagikan tulisan ke pembaca melalui sosial media atau surat kabar, penulis harus memasukkan unsur  ‘What, Who, When, Where, Why, dan How (5W+1H)’ dan menentukan fokus beritanya. Kemudian, fakta dipaparkan sesuai data yang diperoleh beserta pendapat narasumber baik melalui kutipan tidak langsung maupun langsung, jika ingin menulis hardnews.

“Teruslah berlatih dalam menulis berita dan jangan pernah takut untuk menulis. Profesi jurnalis sangat penting perannya di masyarakat. Semoga melalui pelatihan ini, akan lahir para jurnalis muda yang handal,” tutupnya. (Nisa)

Check Also

UGM Pertahankan Gelar Juara Kontes Robot Terbang Indonesia

UGM Pertahankan Gelar Juara Kontes Robot Terbang Indonesia

Edupost.id – Tim robot terbang UGM, Gamaforce, kembali berhasil mempertahankan gelar juara umum pada ajang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *