Selasa , 21 November 2017
Home / Aktivitas Mitra / Edupost Sampaikan Materi Jurnalistik untuk Relawan Rumah Zakat
Edupost Sampaikan Materi Jurnalistik untuk Relawan Rumah Zakat
Edupost Sampaikan Materi Jurnalistik untuk Relawan Rumah Zakat

Edupost Sampaikan Materi Jurnalistik untuk Relawan Rumah Zakat

Bantul, Edupost.id memberikan materi jurnalistik di hadapan relawan Rumah Zakat Yogyakarta, Minggu (8/1) bertempat di Kebun Buah Mangunan Bantul. Selain mendapat materi teori, Andi Pujiono, pemateri dari Edupost.ID juga mengajak peserta melakukan praktek peliputan dan penulisan berita secara langsung.

Materi jurnalistik ini disampaikan dalam rangkaian acara Malam Keakraban Relawan Rumah Zakat Yogyakarta. Puluhan relawan yang merupakan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Yogyakarta ini tampak antusias mendengarkan pemaparan pemateri.

Pada kesempatan ini, para peserta dikenalkan tentang tugas seorang wartawan dalam bekerja. Selain itu, disampaikan oleh pemateri terkait kaidah jurnalistik mulai pencarian, hingga penulisan berita hingga menjadi berita yang baik. Ketertarikan peserta terhadap jurnalistik tampak dari beragamnya pertanyaan yang dilontarkan peserta pada sesi tanya jawab.

Dalam sesi prakte singkat, peserta tampak antusias melakukan wawancara dalam proses peliputan berita. Mereka melakukan wawancara dengan pengelola maupun para wisatawan Kebun Buah Mangunan. Mereka melakukan wawancara layaknya seorang jurnalis. Tak terlkewatkan, mereka juga menuliskan hasil wawancara dalam sebuah naskah berita.

“Peserta sudah mampu mencari ide menarik untuk dijadikan berita. Namun, masih banyak koreksi dalam penulisan beritanya,” ungkap Andi.

Penyampaian materi jurnalistik ini dimaksudkan untuk memberikan bekal kejurnalistikan kepada seluruh relawan. Nantinya, para relawan akan mengelola media yang dimiliki Rumah Zakat Yogyakarta. Selain materi jurnalistik para relawan ini juga mendapat materi keislaman, dan acara keakraban. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *