Selasa , 17 Januari 2017
Home / Aktivitas Mitra / Exact UIN Sunan Kalijaga Bagi Tips Sukses Kuliah

Exact UIN Sunan Kalijaga Bagi Tips Sukses Kuliah

Edupost.ID – Bangku kuliah adalah batu pijakan terakhir sebelum mahasiswa berkarya dan berperan di masyarakat. Karena itu, penting bagi mahasiswa untuk merencanakan studinya. Hal itulah yang dibahas dalam seminar inspiratif Exact 2015 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Seminar yang bertajuk “Rencanakan Kuliahmu, Rencanakan Suksesmu” ini diikuti lebih dari 50 mahasiswa.

Exact, salah satu organisasi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang konsen di bidang riset dan kepenulisan.

Pembicara yang didatangkan merupakan wisudawan tercepat dan terbaik FITK UIN 2014, Ali Murfi.

Pembicara lainnya yaitu delegasi International Leadership Training of Belia MABIMS 2012, Princes Island, Tri Sunaryanto. Keduanya berbagi tentang pengalamannya serta tips-tips sukses kuliah, mulai dari awal kuliah di UIN, hingga kisah kesuksesan akademik mereka.

“Biasanya orang mendefinisikan kesuksesan dengan apa yang kita cita-citakan tercapai. Tapi sebenarnya lebih dari itu. Kesuksesan itu adalah ketika kita mampu memberikan manfaat kepada sesama,” ucap Ali Murfi, yang lulus dari UIN dalam waktu 3 tahun 26 hari.

Salah satu hal penting yang digarisbawahi dari kesuksesan Ali adalah ia membuat rencana kuliah. Bahkan sampai menentukan tanggalnya. Hal ini juga yang dilakukan Tri Sunaryanto. Ia membuat proposal hidup sejak semester 2. Meski begitu, hasil akhir tetap hak prerogatif Sang Pencipta.

Selain itu, pembicara juga menekankan pada pentingnya membaca dan menulis. Terutama menulis ilmiah. Menurutnya, kehidupan mahasiswa penuh dengan tuntutan penulisan ilmiah. Dengan menguasai tulis-menulis mahasiswa akan mendapatkan banyak hal. (Nurfi)

Check Also

SMA Muha buat Aplikasi Perpustakaan

SMA Muha Luncurkan Aplikasi Perpustakaan mLibsys

Edupost.ID – SMA Muhammadiyah 2 (Muha) Yogyakarta telah meluncurkan aplikasi perpustakaan berbasis Android Mobile Library …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *