Rabu , 20 September 2017
Home / Aktivitas Mitra / ‘Festival of Play’ Ajak Anak Tinggalkan Gadget dan Bermain di Alam

‘Festival of Play’ Ajak Anak Tinggalkan Gadget dan Bermain di Alam

EDUPOST, BOGOR- Sekolah Lanjutan (SL) 7 Haidar Sekolah Alam Indonesia, Ciganjur, Jawa Barat. menggelar ‘Festival of Play’ pada hari Minggu (16/3) di halaman parkir kampus Magister Manajemen Institut Pertanian Bogor (IPB). Peserta festival ini adalah anak-anak usia 5-10 tahun yang tinggal di kota Bogor dan sekitarnya.

Ketua Panitia, Mia, yang juga walimurid siswa SL 7 Sekolah Alam Indonesia mengungkapkan, acara ini sebagai bentuk fundraising yang dilakukan siswa SL 7 untuk mengumpulkan dana guna studi banding ke Makassar melihat kerajaan Islam di sana.

“Di sekolah ada program Young Explorer yang mengajarkan para siswa mewujudkan cita-citanya. Diantaranya mempelajari sejarah Islam. Para siswa memilih mengunjungi bekas tempat 3 kerajaan besar Makassar. Karena butuh biaya banyak, makanya mengadakan fundraising,” paparnya kepada Edupost.

Mia menambahkan, acara ini selain untuk fundraising juga sebagai pembelajaran bagi anak SL7 bagaimana mewujudkan cita-citanya dengan semangat pantang menyerah.

Di acara kali ini, jumlah peserta yang hadir mendekati 200 anak. Setiap anak dipungut biaya pendaftaran sebesar 100 ribu rupiah.

Pada acara festival ini, disediakan berbagai booth permainan edukatif diantaranya game balon pingpong, bidik monster, balap batok, bowling bottle, dampu unik, roket luncur.

Selain itu, juga ada cooking class, magic science, reuse craft dan music class. Para peserta tampak menikmati berbagai permainan yang disediakan panitia.

“Konsep permainan yang disetting panitia dalam acara ini memuat pesan agar anak bisa meninggalkan gadget dan mulai bermain yang bisa melatih motoriknya serta mengasah kecerdasannya,” tuturnya.

Adapun, acara ini merupakan event ketiga kalinya. Sebelumnya sudah diadakan di Sekolah Alam Meruyung, Jakarta sebanyak dua kali dan tekumpul dana 12 juta rupiah. Saat itu peserta berjumlah 168 anak.

Shirti Farida, siswa SL7 yang menjadi panitia acara berharap, dari acara ini terkumpul dana yang lebih banyak lagi untuk biaya perjalanan mereka besok ke Makassar.

“Harapan acara kali ini, uang yang terkumpul banyak. Target 5 juta per anak dari total 21 anak dan 5 guru,” ujarnya. (EI/KK)

Check Also

Universitas Pertamina

Universitas Pertamina Tumbuhkan Pemahaman Teknologi Siswa SMA

Edupost.id – Pesatnya perkembangan teknologi informasi di masyarakat saat ini, Universitas Pertamina melalui slogannya, “Be …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *