Senin , 23 Oktober 2017
Home / Aktivitas Mitra / Gandeng Edupost, PMII Aufklarung Gelar Pelatihan Jurnalistik
jurnalistik
Ilustrasi. Jurnalistik (foto: wordpress)

Gandeng Edupost, PMII Aufklarung Gelar Pelatihan Jurnalistik

Edupost.id, Yogyakarta – Pengetahuan dan skill di bidang jurnalistik dipandang penting untuk dimiliki oleh kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Kemampuan di bidang ini menjadi syarat penting agar kader PMII mampu menyampaikan gagasan secara tertulis. Kenyataan inilah yang akhirnya mendorong Pengurus Rayon Aufklarung PMII Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menggelar Pelatihan Jurnalistik. Acara yang menggandeng Edupost.id ini akan dihelat pada Sabtu-Minggu (7-8/5), bertempat di Padepokan Musa Asyari Sleman.

“Tujuannya untuk mencetak kader PMII Rayon “Aufklarung” Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga agar memiliki skill yang baik di bidang jurnalistik,” ujar M. Fahrizal, Ketua Umum PMII Rayon “Aufklarung” Fakultas Sains dan Teknologi, Kamis (28/4).

Mahasiswa yang akrab disapa Fahri itu menambahkan, pelatihan ini akan diikuti oleh kader-kader yang memiliki ketertarikan untuk mengasah kemampuan di bidang jurnalistik. Pengurus, dikatakan Fahri, memang tidak mewajibkan seluruh kader untuk ikut serta. Harapannya, karena peserta pelatihan yang nantinya ikut serta atas dasar kemauan sendiri, mereka akan dapat menyerap ilmu dari pemateri dengan sebaik-baiknya.

Pihak pengurus menargetkan, kader yang telah mengikuti pelatihan akan dapat melahirkan produk jurnalistik yang berbentuk buletin maupun media online.

“PMII Aufklarung sudah memiliki website, harapannya kader yang sudah ikut pelatihan dapat mengisi konten website itu dengan berita maupun opini, ” imbuh mahasiswa Teknik Informatika UIN Sunan Kalijaga itu.

Fahri juga berharap, nantinya para kadernya mampu menulis berita yang lebih mengedepankan fakta. Menurutnya, tidak sedikit media yang menulis berita tapi kurang mengedepankan fakta. Hal ini tentunya dapat mengaburkan informasi yang diperoleh pembaca.

Dipilihnya Edupost.id untuk diajak bekerjasama, juga bukan tanpa alasan. Menurut Fahri, Edupost.id adalah media nasional yang sudah cukup dikenal di kalangannya. Terlebih, tulisan di media ini adalah seputar dunia pendidikan yang salah satunya tentang dunia kemahasiswaan.

Pelatihan ini akan menghadirkan tiga pemateri. Dua di antaranya adalah wartawan Edupost.Id, Andi Pujiono dan Nur Fitriatus Solihah. Sedangkan pemateri ketiga adalah M. Nichal Zaky, mantan pengurus Lembaga Pers Mahasiswa Metamorfosa Fakultas Sains dan Teknologi. (Andi)

Check Also

Pelajar Indonesia Raih Emas di Kejuaraan Karate Internasional

Pelajar Indonesia Raih Emas di Kejuaraan Karate Internasional

Edupost.id – Enam pelajar Indonesia berhasil meraih empat medali emas dalam Kejuaran Karate The 31st Coupe …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *