Rabu , 24 Mei 2017
Home / Aktivitas Mitra / Hari Pahlawan, FKPO Gelar Sarasehan Pelajar

Hari Pahlawan, FKPO Gelar Sarasehan Pelajar

Edupost.ID, Yogyakarta – FKPO (Forum Komunikasi Pengurus OSIS) menggelar Sarasehan Pelajar Jogja bertajuk Mencari Pahlawan di Kota Pelajar, (10/11), bertempat di Aula SMKN 3 Yogyakarta. Acara ini diikuti sekitar 200 pelajar SMA/sederajat dari Kota Yogyakarta dan sekitarnya.

“Tujuan pertama, mempererat komunikasi antara pelajar, Dinas Pendidikan dan juga DPRD,” tutur Bagas Sabda Dewantara, Ketua Acara.

Terdapat 3 pembicara, yaitu Dwi Budi Utomo (Bidang Pendidikan Komisi D DPRD Kota Yogyakarta), Samiyo (Kepala Bidang Pengembangan Kependidikan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta) menggantikan Edy Heri Suasana (Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta), dan Janu Muhammad (Young Leaders for Indonesia). Serta dimoderatori oleh Ketua OSIS SMAN 8 Yogyakarta, Zahid Nur Al-Azami.

Ia melanjutkan, sarasehan pelajar merupakan kegiatan dialog antara pelajar dan pemerintah. Banyak hal dibahas di sini. Mereka ingin mengembalikan esensi kota pelajar dan menjadikan kota pelajar sebagai basis pembentukan karakter kepahlawanan.

Salah satu pelajar dari Taman Madya, Fanco menanyakan kepada pemerintah perihal program dinas. Pasalnya, selama ini program dinas dinilai kurang bermanfaat bagi pelajar dan tidak berkelanjutan. Manfaatnya belum bisa dirasakan secara langsung.

Kemudian dinas menanggapi hal itu dengan ucapan terima kasih atas kritik yang diberikan. Hal ini akan menjadi evaluasi bagi mereka. Program yang sudah bisa dirasakan manfaatnya bagi pelajar selama ini baru pertukaran pelajar dan paskibraka. Kegiatan ini merupakan yang pertama kali dan rencananya akan dilaksanakan tiap tahun.

FKPO merupakan kumpulan pengurus OSIS se-kota Yogyakarta. Setelah dihentikan oleh dinas beberapa waktu lalu, kini FKPO berusaha menjalin komunikasi lagi dengan dinas. Waktu itu penghentiannya karena miss-communication, tutur Bagas.

Kini dinas lebih terbuka melihat kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh FKPO, seperti penggalangan dana untuk Agit (pelajar SMAN 7 yang terkena kanker tulang) dan penggalangan dana untuk korban bencana asap beberapa waktu lalu.

“Dinas dan DPRD sepakat untuk membentuk FKPO lagi,” pungkas Bagas.  (Nurfi)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *