Kamis , 30 Maret 2017
Home / Aktivitas Mitra / IGI Ajak 1000 Guru Ciptakan Komik Pembelajaran Berbasis IT
IGI Ajak 1000 Guru Ciptakan Komik Pembelajaran Berbasis IT
IGI Ajak 1000 Guru Ciptakan Komik Pembelajaran Berbasis IT

IGI Ajak 1000 Guru Ciptakan Komik Pembelajaran Berbasis IT

Edupost.id – Ikatan Guru Indonesia (IGI) tak pernah bosan membuat gebrakan. Kali ini, IGI melakukan tur ke Kalimantan Selatan untuk melatih guru membuat komik sebagai media pembelajaran. Dari hasil pelatihan di lima kota, sebanyak 1.000 guru telah mampu membuat komik pembelajaran berbasis IT dengan tangan mereka sendiri.

Demikian disampaikan Ketua Umum Pengurus Pusat IGI, Muhammad Ramli Rahim melalui keterangan pers yang diterima Edupost.id.

“Setelah Tur Kalteng, Tour Aceh, Tour Maluku, lima hari lalu kami menjalani Tur Kalsel di lima kota di Kalsel, mulai dari Kota Banjarmasin di hari Sabtu, 20 Agustus, lalu bergerak lima jam perjalanan ke Balangan, 21 Agustus, balik ke Barabai, Hulu Sungai Tengah, 22 Agustus, Banjar Baru, 23 Agustus dan Berakhir di Plaihari, Tanah Laut, 24 Agustus. Komik ini akan membuat pembelajaran lebih menyenangkan dengan komik, apalagi jika guru mampu menciptakan dialog menarik dari komik-komik itu,” terang Ramli.

Pelatihan ini diampu oleh Abdul Karim, sang master komik dan game pembelajaran IGI. Tidak hanya dengan tatap muka, para guru ini juga bergabung dalam group kelas maya (penchat, telegram, whatshapp, dll) agar proses belajar berlanjut hingga mahir. Targetnya pelatihan ini tuntas selama 32 jam.

Ramli menambahkan, para guru di Kalsel sangat antusias mengikuti pelatihan. Bahkan, menurut Ramli, di Balangan dan Barabai para guru harus lesehan karena jumlah peserta yang datang melebihi jumlah kursi yang disediakan, mencapai lebih dari 600 guru.

Selain di Kalimantan, Ramli mengaku akan terus mengadakan pelatihan di daerah lain. Guru yang terlatih nantinya akan dikirim ke daerah-daerah untuk melatih guru-guru di seluruh pelosok tanah air. Sehingga diharapkan setiap guru Indonesia memiliki minimal 100 cara pembelajaran yang menyenangkan dan tidak monoton.

“IGI akan mengumpulkan 150 guru hebat di Surabaya 29 September sampai 2 Oktober 2016 untuk melahirkan guru-guru dengan kemampuan khusus, agar guru-guru Indonesia memiliki 100 kemampuan berbeda dengan variasi pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan,” katanya. (Andi)

Check Also

guru-mengajar

Komite Sekolah Bebas Galang Dana, Sekolah Berpotensi “Dijual”

Edupost.ID – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menerbitkan Permendikbud Nomor 75 tahun 2016 tentang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *