Senin , 29 Mei 2017
Home / Aktivitas Mitra / IGI Latih Guru Membuat Media Pembelajaran Android
IGI-DIY-Latih-guru-ciptakan-media-pembelajaran-android
IGI latih guru membuat media pembelajaran berbasis android

IGI Latih Guru Membuat Media Pembelajaran Android

Edupost.id – Ikatan Guru Indonesia (IGI) DIY hari ini, (12/6) menggelar pelatihan guru bertajuk “Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android dan Videoscribe” di SMKN 4 Yogyakarta. Pelatihan ini merupakan program Sagisandro yakni salah satu inovasi IGI DIY untuk meningkatkan kompetensi guru.

“Sagisandro adalah kependekan dari Bersama IGI Bisa Android. Program ini mengajak guru untuk membuat aplikasi pembelajaran berbasis android,” ujar Sugeng Andono, ketua IGI DIY.

Guru SMKN 2 Wonosari, Gunung Kidul ini mengatakan, antusiasme guru untuk ikut pelatihan ini sangat besar. Data dari panitia menunjukkan, peserta yang mengikuti acara ini sudah lebih dari 100 orang. Hal ini menurut Sugeng, para guru memang membutuhkan adanya pelatihan yang langsung dapat diaplikasikan dalam media pembelajaran siswa.

Salah satu penggagas Sagisandoro, Elyas mengatakan, program ini berawal dari program pelatihan Satu Guru Satu Inovasi (Sagusanov) yang digagas oleh IGI pusat. Hasil pelatihan itu kemudian diterapkan di IGI DIY. “Saya ingin DIY punya nama sendiri yang berbeda. Akhirnya terciptalah Sagisandoro,” ujarnya.

Aplikasi android yang tercipta dari pelatihan ini, menurut Elyas akan berisi materi pembelajaran. Siswa tinggal menginstal aplikasi dari playstore. Nantinya sistem pembelajaran menggunakan ponsel mapun tablet. “Ke depan, siswa ke sekolah hanya bawa HP, tidak perlu bawa buku,” imbuhnya.

Tidak hanya aplikasi android, IGI DIY juga tengah mengembangkan video conference. Ini akan dapat memungkinkan pelatihan guru dari jarak jauh.

Rohmadi, Ketua Seksi Pengembangan SDM IGI DIY menambahkan, saat ini IGI DIY tengah fokus untuk meningkatkan kompetensi guru. Harapannya, guru memiliki kompetensi yang baik dalam pembuatan media pembelajaran. “Para guru yang sudah ikut pelatihan diharap dapat menularkan ilmunya di wilayah masing-masing,” tegas Sugeng Andono. (Andi)

Check Also

guru

Kemendikbud Buka Pelatihan Guru Profesional Juli Mendatang

Edupost.id – Program Keahlian Ganda tahap II untuk guru SMK siap dibuka Juli mendatang. Kementerian Pendidikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *