Selasa , 23 Mei 2017
Home / Aktivitas Mitra / IGI Launching Buku 5 Jurus Sakti Kuasai IT Edukasi
IGI Launching Buku 5 Jurus Sakti Kuasai IT Edukasi
IGI Launching Buku 5 Jurus Sakti Kuasai IT Edukasi

IGI Launching Buku 5 Jurus Sakti Kuasai IT Edukasi

Edupost.id – Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Sleman melaunching buku “5 Jurus Sakti Kuasai IT Edukasi”, bertempat di SMPN 2 Mlati Sleman. Buku yang disusun oleh Elyas dan Nugroho Nurcahyono ini berisi beberapa teknik pemanfaatan IT untuk menunjang pembelajaran di sekolah. Acara launching juga dihadiri Ketua IGI DIY, Sugeng Andono.

Ketua IGI Kabupaten Sleman, Ary Gunawan mengatakan, buku yang dilaunching terdiri dari lima buku dengan judul berbeda. ” IGI sendiri melkuncurkan lima buah buku dengan judul 5 Jurus Sakti Kuasai IT Edukasi. Yang pertama aplikasi android, ke dua buku digital, dan yang ke tiga adalah kelas digital dengan edmodo. Yang dua lagi tentang optimalisasi google, dan video pembelajaran,” terang Ary.

Dua buku pertama sudah diperkenalkan di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulon Progo. Bahkan materi dalam dua buku ini juga menjadi materi workshop guru yang diadakan oleh IGI DIY. Sementara, buku ke tiga tentang kelas digital menjadi materi workshop guru yang digelar usai Grand Launching.

Membuat kelas digital, menurut Ary, menjadi suatu keharusan bagi guru di era abad 21. Kelas digital dapat memudahkan guru dalam mengajar siswanya. Guru dapat meng-upload materi dan tugas siswa melalui kelas digital. Siswa juga dapat mengunduh materi dan tugas serta menjawab soal dan mengirimkan tugas juga secara online. Dipilihnya edmodo, menurut Ary, karena edmodo dapat digunakan secara gratis.”Edmodo sudah menyediakan lahan, kita tinggal membangun secara gratis,” imbuhnya.

Workshop yang digelar oleh IGI Sleman menghadirkan penulis bukunya secara langsung, Elyas, S.Pd. M.Eng. dan Nugroho Nurcahyono, M. Eng. Di depan puluhan guru di Sleman, Elyas mengatakan, membuat kelas digital sangatlah mudah. “Kelas digital seperti facebook, sangat mudah,” katamya.

Buku yang diluncurkan hari ini adalah terbitan dari Penerbit IGI DIY. “Satu -satunya IGI yang punya penerbit buku hanya IGI DIY,” ujar Ary yang juga menjadi pimpinan Penerbit IGI DIY. Ia berharap, dengan didirikannya lembaga penerbitan ini, akan menjadi wadah kreativitas guru anggota IGI untuk menulis.

Sugeng Andono, ketua IGI DIY menyambut baik acara yang digelar oleh IGI Sleman ini. Ia menambahkan, para guru yang hadir dalam workshop ini diharapkan akan menularkan ilmunya kepada para guru yang belum bisa hadir. (Andi).

Check Also

guru-mengajar

Komite Sekolah Bebas Galang Dana, Sekolah Berpotensi “Dijual”

Edupost.ID – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menerbitkan Permendikbud Nomor 75 tahun 2016 tentang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *