Kamis , 21 September 2017
Home / Aktivitas Mitra / IPB Mengajar Kembali Open Recruitment Pengajar

IPB Mengajar Kembali Open Recruitment Pengajar

Edupost.id, Bogor- Mahasiswa yang tergabung dalam Institut Pertanian Bogor (IPB) Mengajar mengumumkan kembali dibukanya pendaftaran bagi mahasiswa yang ingin menjadi pengajar. Open rekrutmen ‘Pengajar Inspiratif’ IPB Mengajar ini diadakan mulai tangal 16 maret 2015.

“Iya, tgl 16 bulan ini akan diadakan open rekrutmen Pengajar,” ucap Ketua IPB Mengajar,  Fatma Nurkhaerani (20), saat diwawancarai Edupost.

Fatma menyampaikan bahwa para mahasiswa IPB yang mendaftar menjadi pengajar cukup banyak. “Minatnya (para mahasiswa) cukup tinggi terlihat dari banyaknya pendaftar, tahun-tahun sebelumnya juga,” ujarnya.

Saat diminta menjelaskan tentang IPB Mengajar ini, Fatma menyampaikan, kegiatan tersebut terinspirasi dari Indonesia Mengajar.

“Kami mengadaptasi Indonesia Mengajar karena memang gerakan kami langsung diresmikan oleh Bapak Anies Baswedan pada tahun 2012,” ucapnya.

Kegiatan mengajar ini dimulai bulan Juli-Agustus. “3 minggu penuh tinggal di desa cisarua. Kenapa SDN Cisarua 01? Karena Kepseknya menyatakan bahwa siswa SDN Cisarua 01 baru 60% yang sudah bisa baca, 30 % baru mengenal kata dan belum bisa merangkai menjadi kalimat, serta 10% belum bisa membaca sama sekali,” jelasnya.

Fatma menyebutkan, kegiatan yang dilakukan IPB Mengajar di sekolah binaan diantaranya adalah menjadi pendamping guru selama 3 minggu, mengadakan forum guru dan forum orangtua murid, sekolah terbuka, serta kegiatan pertanian.

“Kegiatan kami tidak hanya selama 3 minggu tersebut namun ada kelanjutannya yaitu berupa farm on school yang dilakukan 2 minggu sekali di SD yang telah kami bina secara bergantian sehingga kami harapkan adanya keberlanjutan pada kegiatan-kegiatan kami,” jelasnya.

Ia menyebutkan, IPB Mengajar memiliki 3 sekolah binaan yaitu SDN Leweungkolot 7, SDN Nanggung 01, dan SDN Cisarua 01.

“Saat ini kami fokus kepada target serta dampak yang akan kami lakukan. Oleh karena itu kami tidak akan menambahkan sekolah binaan untuk beberapa tahun kedepan namun akan berusaha mencapai target yang telah kami rencanakan,” jelasnya.

Rencananya tahun ini, IPB Mengajar akan kembali mengajar di SDN Cisarua 01, Kecamatan Nanggung, Pongkor.

Saat ditanya mengenai Gerakan 1000 Buku, Fatma menyebutkan bahwa gerakan itu digagas oleh IPB Mengajar untuk mengumpulkan buku-buku yang akan ditaruh di taman baca.

“Kami saat ini sedang membangun taman baca di Desa Cisarua,” ujarnya.

IPB Mengajar merupakan organisasi sosial pendidikan di bawah BEM IPB yang berdedikasi dalam membangun kualitas pendidikan di daerah terpecil melalui kegiatan mengajar, pendampingan dan aktivitas pendukung lainnya. (RR/EI)

Check Also

siswa sd ikuti pesantren kilat ramadhan

Pendidikan Bukan Hanya untuk Cetak Anak Pandai

Edupost.id – Pendidikan seharusnya bukan hanya mencetak anak pandai secara akademis. Pendidikan justru diharapkan dapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *