Minggu , 24 September 2017
Home / Aktivitas Mitra / Jamnas, Kwarda DIY Siap Kenalkan Budaya Jogja
jamnas-2016
Jamnas 2016

Jamnas, Kwarda DIY Siap Kenalkan Budaya Jogja

Edupost.id, Yogyakarta – Kwartir Nasional Gerakan Pramuka akan menggelar Jambore Nasional (Jamnas) X tahun 2016 di Bumi Perkemahan Cibubur pada 14 – 21 Agustus mendatang. Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka DIY saat ini menyatakan siap mengikuti kegiatan tersebut.

“Kita sudah siap berangkat. Pembekalan tingkat daerah sudah dilakukan pada 21 – 22 Mei di Taman Tebing Breksi Prambanan,” ungkap Sekretaris Pimpinan Kontingen Daerah (Pinkonda) DIY, Barozi di kantor Kwarda DIY, Selasa (28/6).

Dijelaskannya, kontingen DIY akan memberangkatkan 243 orang. Kontingen terdiri dari 160 orang pramuka Penggalang, 24 Pramuka berkebutuhan khusus, 28 Pembina Pendamping, 20 Pimpinan Kontingen Cabang (Pinkoncab), dan 11 Pinkonda. Kontingen DIY akan dipimpin oleh Lukas Sumanasa selaku ketua Pinkonda.

Kontingen DIY akan berangkat pada 11 Agustus 2016. Acara akan didahului dengan pembangunan Pagar Nusantara pada 13 Agustus. “Pagar Nusantara merepresentasikan budaya adat dari lebih dari 500 kabupaten di Indonesia,” imbuh Barozi.

Acara Jamnas tahun ini, menurut Barozi akan diisi dengan kegiatan rekreasi edukatif dengan mengunjungi Monas, istana presiden, dan Taman Mini Indonesia Indah. Selain itu akan ada juga petualangan air, outbond, dan pengenalan budaya.

Mengenai pengenalan budaya, dikatakan Barozi, ajang ini akan menjadi media saling mengenal kebudayaan seluruh Indonesia. Masing – masing kontingen daerah harus membuat anjungan budaya daerah yang berisi makanan, keterampilan, dan tarian tradisional masing – masing.

Untuk DIY, Barozi mengaku sudah menyiapkan diri untuk membuka anjungan DIY. Untuk makanan tradisional, kobtingennya akan membawa tiwul, geplak, dan makanan lain dari DIY. Selain itu, keterampilan membatik akan menjadi keterampilan tradisional yang dikenalkan DIY. Sedangkan untuk tarian, pihaknya akan membawa Jatilan dan Angguk.

“Masing – masing peserta akan dapat mengenal kebudayaan dari lebih dari 500 kabupaten di Indonesia,” pungkas Barozi. (Andi)

Check Also

scout bazaar

Pramuka Asia Pasifik Luncurkan Situs Belanja Online

Edupost.id – Komite Pramuka se-Asia Pasifik sepakat untuk membuat situs belanja online khusus menjual atribut, alat atau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *