Selasa , 21 November 2017
Home / Aktivitas Mitra / Kader PMII Aufklarung Lakukan Simulasi Terbitkan Majalah
Kader PMII Aufklarung Lakukan Simulasi Terbitkan Majalah
Kader PMII Aufklarung Lakukan Simulasi Terbitkan Majalah

Kader PMII Aufklarung Lakukan Simulasi Terbitkan Majalah

Edupost.id – Kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Aufklarung Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga melakukan simulasi penerbitan majalah sederhana. Simulasi ini merupakan bagian dari acara Sekolah Jurnalistik pada Minggu (29/10) di Bumi Perkemahan Kepurun Klaten, Jawa Tengah.

Acara pelatihan yang digagas PMII Aufklarung bekerjasama dengan Edupost.id ini menghadirkan wartawan Edupost.id, Andi Pujiono, sebagai pemateri. Pada pelatihan ini, pemateri membagi peserta dalam beberapa kelompok kecil, yang masing-masing melakukan simulasi menggarap produk jurnalistik berupa majalah.

Selain materi di ruangan, pemateri juga mengajak peserta melakukan praktek di luar ruangan. Mereka diajak melakukan simulasi kerja lembaga pers, mulai dari rapat redaksi, reportase, penulisan berita, hingga penerbitan majalah.

Para peserta sangat antusias menggali informasi melalui wawancara langsung dengan masyarakat di sekitar lokasi pelatihan. Mereka ditugasi menggali informasi mengenai pluralisme atau keberagaman yang terjadi di dalam masyarakat.

Ketua PMII Rayon Aufklarung, Fiqi Hadiwibowo mengatakan, tidak berhenti pada pelatihan, pengurus juga akan melakukan tindak lanjut pasca pelatihan. Kader yang selesai mengikuti pelatihan jurnalistik, tetap mendapatkan pendampingan hingga mampu menerbitkan karya jurnalistik. “Untuk selanjutnya dalam hal jurnalistik mereka diharapkan bisa menghasilkan karya berupa buletin atau majalah sebagai wujud pertanggungjawaban dari sekolah jurnalistik tersebut,” katanya.

Selain sekolah jurnalistik, menurut Fiqi, pihaknya juga mengadakan sekolah Administrasi, pada Sabtu (28/10). Dengan acara ini, giqi berharap para kader juga mampu memahami administrasi keorganisasian dengan baik.

“Harapannya, pelaksanaan Sekolah Administrasi dan Sekolah Jurnalistik menjadi gerbang utama bagi kader PMII Rayon Aufklarung untuk meningkatkan kualitas kader dan menghasilkan karya nyata, khususnya di kedua bidang itu,” pungkas Fiqi.  (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *