Jumat , 20 Januari 2017
Home / Aktivitas Mitra / KIY Berbagi Inspirasi di Negeri Serba Ada

KIY Berbagi Inspirasi di Negeri Serba Ada

Edupost.ID, Yogyakarta – Hari Sabtu (6/2), menjadi Hari Inspirasi ke-4 Kelas Inspirasi Yogyakarta. Koordinator Kelas Inspirasi Yogyakarta 2016, Karina Bunga Hati menjelaskan, Hari Inspirasi adalah kegiatan satu hari bagi profesional untuk turun langsung ke SD. Mereka akan memotivasi dan memperkenalkan tentang pekerjaan mereka sehari-hari.

Tahun ini mengusung tema “Kelas Inspirasi Yogyakarta Negeri Serba Ada” dan mengambil tempat di 24 SD di DIY. Tema ini diusung dalam rangka memberikan warna ke-Bhinekaan yang dimiliki Indonesia, beragam potensinya, namun sekaligus beragam pula masalah dan tantangannya.

Secara spesifik pula di tahun 2016 ini tema di Negeri Serba Ada tersebut dijabarkan dengan strategi pemilihan sekolah yang berdekatan dan atau memiliki pengaruh dengan keberadaan “pasar” tempat terjadinya interaksi ekonomi, sosial, dan budaya yang serba ada sebagaimana tema di atas.

“Tahun ini ditambahkan kriteria sesuai dengan tema yang diangkat yaitu SD yang mempunyai keterkaitan hubungan dengan pasar, baik secara geografis maupun sosial ekonomi,” kata Karina.

Ia menyampaikan, SD yang menjadi prioritas Kelas Inspirasi adalah SD marjinal yang memiliki keterbatasan akses baik informasi maupun dari segi jarak, serta kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM). Jogja yang identik dengan kota pendidikan, menarik jika dikaitkan dengan interaksi yang terjadi di pasar. Vita Istiqomah, fasilitator/penyelenggara menambahkan, KI ingin mengetahui seberapa jauh pasar berpengaruh terhadap sekolah dan sebaliknya.

Salah satu SD yang didatangi Kelas Inspirasi adalah SDN Sawit yang terletak di Bantul. Vita menjelaskan kegiatan dimulai dengan apel. Siswa-siswi diajak berkenalan dengan relawan. Selain itu ada sambutan dari koordinator KI, sambutan kepala sekolah, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Ice Breaking, menyanyikan jargon SD Sawit, chicken dance, dan yel yel. Kemudian siswa-siswi dikondisikan masuk kelas.

Di SDN Sawit terdapat 11 relawan, 8 kelas, dan 4 sesi inspirasi di masing-masing kelas. Di sesi keempat, siswa-siswi diajak menulis cita-cita mereka di sticky notes. Kemudian ditempel ke balon dan di akhir acara diterbangkan bersama. Nantinya acara juga akan ditutup dengan flashmop, menyanyikan jingle Kelas Inspirasi, dan berfoto bersama.

Kelas Inspirasi Yogyakarta telah dilaksanakan selama 3 tahun berturut-turut, sejak 20 Februari 2013 sampai saat ini. Kelas Inspirasi Yogyakarta telah mengunjungi dan menyapa 52 Sekolah Dasar (SD) di 4 kabupaten dan 1 kota di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan tersebut telah melibatkan lebih kurang 750 orang relawan yang terdiri dari relawan penyelenggara, relawan pengajar, dan relawan dokumentator (fotografer dan videografer). Dari jumlah tersebut 420 orang adalah relawan pengajar yang memiliki profesi sangat beragam, dan berasal dari berbagai wilayah dan pulau di Indonesia.

“Harapannya dari penyelenggaraan KIY tahun ini adalah semakin banyak instansi yang akan ikut berkontribusi terhadap kegiatan volunteer, serta relawan yang akan terus bergerak secara berkala pasca Hari Inspirasi, menerapkan salah satu prinsip KI  bersilaturahmi dengan pihak sekolah,” kata Karina. (Fitri)

Check Also

guru-mengajar

Kota Yogyakarta Belum Terapkan Permendiknas Tentang Sumbangan

Edupost.ID – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Yogyakarta, Edy Hery Suasana menyatakan belum akan memberlakukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *