Kamis , 19 Januari 2017
Home / Aktivitas Mitra / KOGTIK Kenalkan E-Learning pada Guru

KOGTIK Kenalkan E-Learning pada Guru

Edupost.id, Jakarta – Adanya keluhan para guru mengenai kebijakan dihapusnya TIK dan KKPI dari kurikulum 2013, membuat Komunitas Guru TIK dan KKPI (KOGTIK) membuat program e-learnig, hal ini disampaikan pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) beberapa hari lalu di Jakarta.

Sepanjang  Rakernas di hari kedua, para guru diperkenalkan dengan program e-learning dan cara menyimpan di server serta membuat bank soal. Program tersebut dibuat agar bisa dipelajari oleh guru dan dipraktekan.

Program ini memiliki kelebihan dan keunikan tersendiri. “Biaya UTS dan UAS bisa dihemat. Selain itu, harga serverpun bisa didapat dengan harga terjangkau,” kata Ono W Purbo saat mengenalkan e Learning Moodle di Wisma UNJ. Server bisa berusia hingga 5 tahun. Sistem yang dipakai adalah online, jadi siswa bisa ujian berkali-kali tanpa ada remedial.

Ono menjelaskan, server yang dibutuhkan memang tidak kecil, tapi bukan berarti tidak bisa diaplikasikan. Adanya sinergitas dengan pemerintah membuat program ini bisa segera terwujud. Kendala dan kekurangan bisa diatasi bila pemerintah mau bekerjasama.

Menurut Cucu Sumadi, salah satu anggota dan guru SMA di Kuningan Jawa Barat, mengatakan program ini bagus bila diaplikasikan di sekolah. “Saya yakin sekolah mau menerapkan. Terkait infrastruktur, perlahan bisa segera dilengkapi dan terus dikembangkan” Jelasnya. (Reza)

Check Also

Mahasiswa UGM Ikuti Asian Waterbirs Cencus

Lestarikan Burung, Enam Mahasiswa UGM Ikuti AWC

Edupost.id – Enam mahasiswa pecinta alam Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM), Mapala Silvagama, turut …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *