Selasa , 24 Oktober 2017
Home / Aktivitas Mitra / Komunitas Mentari Pagi Menggelar Seminar Relawan Pendidikan di IPB

Komunitas Mentari Pagi Menggelar Seminar Relawan Pendidikan di IPB

EDUPOST.ID, BOGOR- Komunitas Mentari Pagi, sebuah masyarakat peduli pendidikan yang dibentuk mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) mengadakan acara Seminar Relawan Pendidikan pada hari Sabtu (28/03) di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, IPB. Seminar yang mengangkat tema “Hidup Sekali untuk Berbagi” ini dihadiri puluhan mahasiswa serta komunitas pengajar dari Kota dan Kabupaten Bogor serta Depok.

Deden selaku Ketua Panitia menuturkan, seminar ini sebagai motivasi bagi relawan yang peduli dengan pendidikan anak-anak pinggiran.

“Acara ini diadakan dalam rangka mengajak mahasiswa IPB dan masyarakat pada umumnya untuk berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pendidikan berkualitas untuk anak-anak di pinggiran Bogor,” ujarnya.

Seminar diisi beberapa pembicara diantaranya, Agung Pardini, Direktur Sekolah Guru Indonesia (SGI) Dompet Dhuafa dan Nurokhim, Pendiri Sekolah Master (sekolah anak-anak jalanan di Depok)

Agung menyampaikan bahwa seorang guru sebagai penjaga ilmu yang transformatif harus punya integritas dan telah selesai dengan urusan dirinya sendiri.

“Pengajar berbeda dengan pendidik, mengajar hanya sekedar mentransfer ilmu, sedangkan mendidik lebih dari itu, ada nilai-nilai yang ditanamkan” jelasnya.

Pembicara kedua, Nurokhim, menceritakan perjuangannya menghadapi berbagai hambatan dalam mendirikan dan mempertahankan Sekolah Master. Keraguan berbagai pihak dijawab dengan prestasi membanggakan anak-anak jalanan di Sekolah Master yang dirintisnya. Bahkan saat ini Sekolah Master telah memiliki ribuan siswa yang tersebar di beberapa tempat.

Pada sesi kedua seminar, beberapa relawan yang pernah ditempatkan di daerah terpencil dan perbatasan Indonesia menceritakan pengalamannya selama mengajar. Mereka adalah Safira, alumni Indonesia Mengajar (IM), Miftah Rizkamuna (Dika) alumni Sekolah Guru Indonesia (SGI), dan Hilda dari Komunitas Mentari Pagi.

Acara ini dibuka oleh penampilan dari Unit Kegiatan Mahasiswa Gentra Kaheman. Di akhir acara, pelajar Komunitas Mentari Pagi menyempurnakan acara dengan menyanyikan lagu “Laskar Pelangi” diiringi petikan gitar salah seorang relawan dan diikuti oleh seluruh peserta seminar. (Abdul Basir/EI)

Check Also

UPN Veteran Yogyakarta

129 Dosen UPN Veteran” Yogyakarta Terindex SINTA

Edupost.id – Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY), Prof.Dr.Ir. Sari Bahagiarti K.M.Sc mengatakan, 129 dosen UPNVY …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *