Jumat , 24 Maret 2017
Home / Aktivitas Mitra / Komunitas Plantbots Luncurkan Botcats bagi Pecinta Kucing
Komunitas-Plantbots-Luncurkan-Botcats-Bagi-Pecinta-Kucing
Botctas Karya Komunitas Plantbots. (Foto: IPB)

Komunitas Plantbots Luncurkan Botcats bagi Pecinta Kucing

Edupost.id – Komunitas Planbots yang terdiri dari mahasiswa IPB, meluncurkan teknologi berupa Mesin Botcats bagi para pecinta kucing. Mesin tersebut merupakan solusi bagi masalah sampah di Indonesia. Prinsip kerja Botcats ialah bila memasukkan botol plastik bekas ke dalam mesin ini maka pakan kucing akan keluar lewat Mesin Botcats. Botcats merupakan sebuah mesin yang bisa menukar sampah (botol bekas) dengan makanan kucing.

“Anggota komunitas ini ada 16 orang dari berbagai departemen di IPB seperti Kedokteran Hewan, Statistik, Agronomi, Teknik Mesin dan Biosistem, Ekonomi, dan Peternakan). Saya sendiri dari Departemen Teknik Mesin Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian, IPB,” imbuh pendiri Planbots, Ahmad Safrizal dalam siaran pers.

Botcats, ungkap Safrizal,  diluncurkan sebagai gerakan untuk membudayakan masyarakat Indonesia bersih lingkungan dengan cara pendekatan kepada hewan yang paling dekat dengan manusia yaitu kucing. Hal ini akan menumbuhkan motivasi pada masyarakat agar membersihkan lingkungan karena dengan membuang sampah melalui mesin Botcats dapat membantu para kucing jalanan untuk hidup lebih baik.

“Biaya pembelian pakan kucing, lanjutnya, didapat dari penjualan botol bekas dan donasi masyarakat via website. Selain itu, Botcats juga menghubungkan masyarakat melalui QR code yang terkoneksi langsung ke website sosial. Di dalamnya terdapat akun organisasi hewan maupun komunitas hewan sehingga masyarakat dapat melakukan donasi untuk menolong hewan lain pada postingan yang mereka buat,” jelasnya.

Menurutnya, kode QR adalah suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah divisi Denso Corporation yang merupakan sebuah perusahaan Jepang dan dipublikasikan pada tahun1994 dengan fungsionalitas utama yaitu dapat dengan mudah dibaca oleh pemindai QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat. Sesuai dengan tujuannya kode ini untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat pula.

“Kenapa QR code? Karena awalnya niat kami adalah donasi bitcoin tapi berhubung pengembangannya belum pesat di Indonesia, jadi sekarang menggunakan QR code baru bisa menghubungkan ke web,” ujarnya.

Untuk saat ini video tentang Botcats sudah dilihat lebih dari 90 ribu orang di Facebook dan ribuan orang telah mendukung di fanspage “botcats Indonesia”. “Saat ini kami sedang menggalang dana di kitabisa.com/botcatsuntukkucing dan masih kesulitan untuk mendapatkan donasi.

“Donasi yang kami terima nantinya untuk pengembangan dan penempatan botcats (planbots) di tujuh titik di Jabodetabek.  Botcats adalah proyek pertama kami, ke depan kami akan mengembangkan  inovasi lain (anjing dll , dan makhluk hidup lain ) dengan motto All can be paid with plastic bottle,” terangnya. (IPB/Nisa)

Check Also

alat-bantu-penangkapan-ikan-rumpon

Pakar Perikanan IPB Kritisi Pemerintah tentang Rumpon

Edupost.id – Para akademisi di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Institut Pertanian Bogor (IPB) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *