Rabu , 29 Maret 2017
Home / Aktivitas Mitra / Komunitas Sahabat Langit Motivasi Pelajar Semangat Menulis

Komunitas Sahabat Langit Motivasi Pelajar Semangat Menulis

Edupost.ID, Depok – Komunitas Sahabat Langit (KSL) mengajak para pelajar SMA Depok menyelami dunia jurnalistik dan semakin semangat menulis. Melalui acara Workshop Literacy yang diadakan di Ruang Multimedia SMAN 5 Depok (9/1) tersebut, KSL mengangkat topik “Explore Your Mind”.

Aan Mi’dad Arrizza, Penggagas Komunitas Sahabat Langit menjelaskan kepada Edupost.ID bahwa pelatihan ini bertujuan agar pelajar mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya. Selain itu, Aan berharap, rasa takut yang dialami peserta saat hendak menulis akan hilang setelah mengikuti pelatihan ini.

Acara yang dimulai pukul 09.00-15.00 WIB itu dibagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama, ‘What is Literacy? How to Marketize our Literacy to Social Media and News Paper’ diisi Reni Rupini dari Edupost.ID. Sementara, materi sesi kedua berjudul ‘Tips and Trick to Writing The Fiction Novel and How to Make Interest with Writing’ yang disampaikan Igit Zubaedi dan Galuh dari Forum Lingkar Pena (FLP).

Aan menjelaskan bahwa KSL adalah komunitas yang fokus dalam bidang seni, sastra, dan capacity building. Bermula dari sebuah mentoring pelajar muslim SMAN 5 Depok yang dimentori oleh dirinya sendiri, mereka merasakan sejumlah hambatan para remaja dalam mengembangkan potensinya. Hambatannya yaitu tataran geografis sekolah, birokrasi, dan tidak adanya wadah seperti kemampuan sastra, fotografi, teater, desain, dan video.

“Pelajar harus seperti elang, biarkan ia terbang ke langit. Melihat luas cakrawala dunia nan luas membentang, melihat tatanan dunia dari atas, barsahabat dengan langit dan memberi inspirasi untuk bumi,” jelas Aan.

Sejumlah keresahan itulah yang mebuat komunitas ini dibentuk pada Oktober 2015. Aan mengungkapkan, saat ini anggota berjumlah 27 orang dan sekretariat berada di SMAN 5 Depok. Rencana kedepannya komunitas sahabat langit akan membuat buku yang berisi dari kumpulan cerpen atau tulisan yang peserta buat. (Nisa)

Check Also

unbraw

Aplikasi Mahasiswa UB Bisa Panggil Pedagang Keliling

Edupost.id – Tiga mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (UB) membuat aplikasi yang mendukung pemasaran …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *