Rabu , 13 Desember 2017
Home / Aktivitas Mitra / Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional, Bahas Pentingnya Guru NgeBlog

Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional, Bahas Pentingnya Guru NgeBlog

EDUPOST, JAKARTA- Ratusan guru dari berbagai wilayah di Indonesia berkumpul dalam acara Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional yang diadakan Komunitas Sejuta Guru Ngeblog (KSGN) pada hari Minggu (15/3) pukul 08.00-15.00 WIB di Gedung Indosat, Jakarta.

Sekjen Komunitas Sejuta Guru Ngeblog, Namin AB Ibnu Solihin menjelaskan, KSGN baru berusia satu tahun namun komunitas ini sudah beranggotakan lebih dari 12.000 orang. Karena itu, komunitas ini menggelar pertemuan guru blogger tingkat nasional.

“Kami sudah mengadakan pelatihan gratis guru ngeblog itu di 10 kota indonesia dan 2 internasional, respon peserta sangat bagus. Karena itu, kami ingin mengadakan pertemuan tingkat nasional,” ungkapnya saat diwawancara Edupost.

Acara ini diisi beberapa pembicara. Disesi pertama, tiga orang guru yang juga blogger tampil sebagai narasumber. Mereka adalah Dedi Dwitagama (Kepala Sekolah Berprestasi, trainer nasional), Amiroh Adnan (trainer, pemenang Guru Era Baru), dan Muhammad Subakrim (Guru SD Blogger di pedalaman).

“Bagi yg pinter IT, jangan pelit membagi ilmunya. Jelaskan kalo itu (ngeblog) tidak sulit dan berbahaya”, papar Amiroh Adnan, saat berbicara tentang pentingnya blog bagi profesi guru.

Muhammad Subakri, juga memotivasi peserta untuk ngeblog, dengan menceritakan dasyatnya manfaat blog bagi hidup kita terlebih bagi guru.

“Saya terinspirasi dari perkataan seorang ulama besar, yakni Imam Al Ghazali: Bila kau bukan anak raja, juga bukan anak ulama besar, maka menulislah. Saya berkesempatan mengisi di sini di hadapan bapak ibu, juga bisa sholat di Istiqlal, Alhamdulillah karena menulis (ngeblog) juga,” jelasnya penuh semangat.

Salah satu peserta ada yang bertanya apa persiapan para guru ngeblog/IT menghadapi MEA. Pembicara Dedi Dwitagama menjawab, “jangan mikirin MEA (Masyarakat Ekonomi Asean), biarlah pemerintah yang ngurusin, yang harus kita lakukan (peran kita) itu terus saja menulis, mengajak dan mengajari orang lain untuk menggunakan blog/IT dalam pendidikan”.

Sesi terakhir acara ini diisi dua orang pembicara diantaranya pakar IT, Ono W Purbo dan Imam Suwandi (Metro TVnews) yang membahas tentang Tongsis Reportase.

Sedikitnya 350 peserta hadir dalam acara ini, baik dari kalangan guru maupun mahasiswa dan blogger dari seluruh Indonesia. (EI/RR)

Check Also

Tahun 2018 Semua Sekolah Harus Terapkan Kurikulum 2013

Edupost.id – Pada tahun 2018 semua sekolah di Indonesia sudah harus menerapkan Kurikulum 2013. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *