Kamis , 21 September 2017
Home / Aktivitas Mitra / Pelajar Rohis Sleman Siapkan Kardus ‘Donasi Untuk Rohingya’ di Perempatan

Pelajar Rohis Sleman Siapkan Kardus ‘Donasi Untuk Rohingya’ di Perempatan

Sleman – Sejumlah pelajar dari berbagai SMA dan SMK di Kabupaten Sleman mengadakan aksi solidaritas untuk Rohingya di Perempatan Denggung, Sleman, Yogyakarta, Ahad (24/5). Aksi ini didasari atas kepedulian terhadap penduduk etnis Rohingya yang terdampar hingga ke Indonesia dengan kondisi memprihatinkan.

Para pelajar aktivis Rohis yang tergabung dalam Forum Ikatan Rohis (FIKR) Sleman ini  mengawali aksi dengan pembacaan orasi singkat tentang penderitaan etnis muslim Rohingya. Mereka menyodorkan kardus bekas bertuliskan “Donasi Untuk Rohingya” kepada para pengendara motor dan mobil yang melintas.

Inisiator kegiatan, Anisah Zul Dinia menerangkan, aksi solidaritas ini merupakan wujud kepedulian Rohis terhadap etnis Rohingya. Ia ingin agar empati masyarakat tidak hanya diekspresikan melalui media sosial saja, melainkan dengan aksi nyata, seperti memberikan donasi. “Memang, mereka bukan orang Indonesia, tapi mereka umat Muslim. Kewajiban umat Muslim lainnya untuk membantu yang sedang mendapat cobaan,” terangnya.

Rohis dari berbagai sekolah di Kabupaten Sleman yang hadir dalam aksi tersebut, diantaranya SMA N 1 Godean, SMA N 1 Kalasan, SMK N 1 Godean, SMK N 1 Tempel, SMK N 2 Godean, dan SMK N 2 Depok.  “Alhamdulillah, overall kegiatannya berjalan lancar”, ungkap salah satu pengurus FIKR, Riza Andriani. Ia juga menambahkan bahwa dana yang diperoleh akan disalurkan melalui Dompet Dhuafa.

Aksi tersebut akan dilakukan untuk kedua kalinya menjelang Ramadhan. Panitia berharap makin banyak masyarakat yang paham tentang penyebab kasus etnis Rohingya dan mau membantu. Rencananya, aksi solidaritas untuk Rohingya akan digelar bersama gerakan CAKEP (Cita Rasa Kebaikan Pelajar) dan Yayasan Bina Remaja Sembada Cendekia (YBRSC). (Rizky Oktaviani)

Check Also

Dorong Inovasi Kewirausahaan, Kemdikbud Gelar FIKSI 2017

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Dasar dan Menengah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *