Sabtu , 16 Desember 2017
Home / Aktivitas Mitra / Seratus Lebih Profesional Muda Bulukumba Menginspirasi Siswa Sekolah Dasar

Seratus Lebih Profesional Muda Bulukumba Menginspirasi Siswa Sekolah Dasar

EDUPOST.ID, BULUKUMBA- Tidak kurang dari seratus profesional muda yang tergabung dalam Relawan Kelas Inspirasi berbagi cerita mengenai profesi mereka di depan siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan pada Kamis (26/3) kemarin.

Hadi Kasmaja Dg Saktyala (26) selaku PIC Kelas Inspirasi Bulukumba mengungkapkan, Kelas Inspirasi adalah sebuah gerakan yang dinaungi oleh Indonesia Mengajar. Kelas Inspirasi ini bertujuan untuk menginspirasi murid Sekolah Dasar dengan cara mengundang para profesional untuk menjadi pengajar inspiratif dengan cara berbagi cerita tentang profesi mereka.

“Kami pecaya kehadiran pengajar inspirasi akan membuat murid-murid tersebut semakin termotivasi untuk bercita-cita tinggi dan memberikn mereka alasan kuat lagi tetap bersekolah,” ujarnya saat diwawancara edupost.id.

Walaupun kegiatan ini yang pertama kalinya, lanjut Hadi, para pengajar dari Kelas Inspirasi Bulukumba merasa sangat senang bisa berinteraksi dengan para siswa yang ada.

“Apalagi melihat langsung tingkah polos anak Indonesia. Bagi Bulukumba ini adalah kali pertama, pelaksanaan KI sendiri sekali setahun, dan relawan sendiri akan melakukan hal yang serupa karena adanya manfaat positif dari gerakan ini,” jelasnya.

Hadi menyebutkan, jumlah SD yang dikunjungi Kelas Inspirasi kali ini sebanyak 9 sekolah, yakni SDN 180 Bentenge, SDN 297 Matekko, SDN 266 Toroliya, SDN 39 Bontonyeleng, SDN 270 Dannuang, SDN 23 Padalloang, SDN 294 Padalloang, SDN 90 Ganjenge, dan SDN 279 Talle-talle.

Sementara, jumlah relawan yang terlibat ada 117 orang yang terdiri dari relawan panitia, pengajar, fotografer, dan videografer.

Saat ditanya profesi apa yang paling menarik perhatian anak-anak saat Kelas Inspirasi ini, Hadi menuturkan bahwa anak-anak antusias menyimak presentasi semua profesi yang ada.

“Pada dasarnya semua profesi yang terlibat menarik bagi anak-anak, karena mereka nampak gagah dengan pakaian profesi masing-masing, yang paling dominan adalah polisi dan polwan,” jelasnya.

Hadi mengatakan, para profesional muda tersebut mengikuti Kelas Inspirasi karena ingin merasakan langsung tantangan dalam pendidikan.

“Motivasi mereka adalah ingin berbagi cerita dan pengalaman  mereka masing-masing, dan ingin terlibat langsung menyentuh dan merasakan tantangan pendidikan di sekolah sasaran KI,” paparnya.

Para profesional muda relawan Kelas Inspirasi Bulukumba menyampaikan rasa gembira mereka bisa mengikuti kegiatan ini, bahkan bersemangat untuk ikut kembali kegiatan yang sama di tahun mendatang.

“Mereka sangat antusias dan merasa senang bisa ambil bagian di tahun ini bahkan berjanji ingin ikut lagi di tahun-tahun mendatang, mereka tidak hanya menginspirasi bahkan terinspirasi,” ucapnya. (EI/SS)

Check Also

KPAI Temukan Buku IPS Soal Yerussalem selain Penerbit Yudistira

Edupost.id – Buku IPS yang memuat konten bertuliskan “Ibukota Israel adalah Yerussalem” ternyata tidak hanya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *