Jumat , 24 Maret 2017
Home / Aktivitas Mitra / Usai Dibentuk, Paskibraka Sleman Mulai Berlatih
Usai-Dibentuk-Paskibraka-Sleman-Mulai-Berlatih
Ilustrasi: Paskibraka Sleman. (Foto: disdiksleman)

Usai Dibentuk, Paskibraka Sleman Mulai Berlatih

Edupost.id – Sebanyak 36 siswa terbaik dari SMA/SMK/MA di Kabupaten Sleman telah resmi tergabung dalam Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Sleman. Pasukan ini terdiri dari 18 putra dan 18 putri yang dibentuk dari hasil seleksi ketat.

Pasukan yang telah dibentuk nantinya akan bertugas mengibarkan dan menurunkan bendera dalam upacara Peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2016 di Kabupaten Sleman. Setelah terbentuk, Paskibraka Sleman memulai latihan sejak 25 Juli.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Sleman, Arif Haryono menuturkan, selain menyiapkan para siswa ini untuk menjadi petugas pengibar dan penurun bendera, digelarnya latihan ini memiliki tujuan lain. “Latihan ini juga untuk memupuk semangat kebangsaan, nasionalisme, patriotisme, meningkatkan kesadaran nasional, serta mengisi kemerdekaan untuk mempertahankan NKRI,” ujar Arif.

Ditambahkan Arif, 36 siswa terpilih ini menjalani latihan di Stadion Tridadi maupun lapangan Denggung. Proses latihan lapangan melibatkan unsur TNI/POLRI dengan materi teori dan praktek baris berbaris. Tentunya akan diberikan materi formasi pengibaran dan penurunan bendera.

Selain latihan lapangan, mereka juga harus mengikuti karantina di Balai Besar Latihan Masyarakat Yogyakarta. Materi dalam karantina di antaranya konsep ‘desa bahagia’ dalam pembinaan pemuda, patriotisme, bahaya Narkoba dan seks bebas, budaya dan generasi muda, serta kewirausahaan.

“Kami melibatkan unsur TNI/POLRI, Purna Paskibra Indonesia (PPI), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Sleman sebagai pelatih dan nara sumber pembinaan,” ujar Arif. (Andi)

Check Also

Usai-Dibentuk-Paskibraka-Sleman-Mulai-Berlatih

Jelang Hari Kemerdekaan, Paskibraka Dilatih TNI dan Polri

Edupost.id – Menjelang hari kemerdekaan, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sejak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *