Sabtu , 25 November 2017
Home / Beasiswa / Beasiswa Bidikmisi 2016 bagi Calon Mahasiswa

Beasiswa Bidikmisi 2016 bagi Calon Mahasiswa

Beasiswa Bidikmisi 2016 kembali dibuka bagi calon mahasiswa baru. Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan kepada yang memiliki keterbatasan kemampuan ekonomi sesuai Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Walaupun demikian, syarat prestasi akademik dan nonakademik pada Bidikmisi ditujukan untuk menjamin bahwa penerima beasiswa mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi. Berikut persyaratan untuk mengikuti Beasiswa Bidikmisi.

Persyaratan Umum Beasiswa Bidikmisi :

  • Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2016.
  • Lulusan tahun 2014 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi.
  • Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun.
  • Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria : a). Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM); b). Pemegang Kartu Pengaman Sosial (KPS) atau sejenisnya ; c). Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) sebesar-besarnya Rp3.000.000,00 per-bulan.
  • Pendapatan yang dimaksud meliputi seluruh penghasilan yang diperoleh. Untuk pekerjaan nonformal/informal pendapatan yang dimaksud adalah rata rata penghasilan per bulan dalam satu tahun terakhir; dan atau d). Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp750.000,00 setiap bulannya.
  • Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4.
  • Berpotensi akademik baik berdasarkan rekomendasi kepala sekolah.
  • Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan: a). PTN dengan pilihan seleksi masuk: 1) Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN); 2) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN); 3) Seleksi mandiri di 1 (satu) PTN b). PTS dengan pilihan seleksi masuk di 1 (satu) PTS.

Persyaratan Khusus Beasiswa Bidikmisi :

  1. Kartu peserta dan formulir pendaftaran program Bidikmisi yang dicetak dari sistem Bidikmisi.
  2. Surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah.
  3. Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 6 (enam) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
  4. Fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
  5. Fotokopi nilai ujian akhir nasional yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
  6. Surat keterangan tentang prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di bidang ko-kurikuler dan ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah.
  7. Kartu Pengaman Sosial (KPS/BSM). (jika merupakan penerima BSM) Surat Keterangan Penghasilan Orang tua/wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala desa/Kepala dusun/Instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat.
  8. Fotokopi Kartu Keluarga atau Surat Keterangan tentang susunan keluarga.
  9. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari orang tua/wali-nya.
Jadwal pendaftaran sekolah sampai dengan pendaftaran online dari masing-masing jalur seleski berikut selengkapnya.
  • Pendaftaran sekolah 12 Desember 2015 – 1 Oktober 2016.
  • Pendaftaran seleksi mandiri/ ujian mandiri 10 Februari, sesuai jadwal masing masing PTN.
  • Pendaftaran SNMPTN 10 Februari 2016 – 24 Maret 2016.
  • Pendaftaran SBMPTN 7 April 2016 – 28 Mei 2016.

Jalur masuk Beasiswa Bidikmisi :

1.  SNMPTN

Jika anda mendaftar anda bisa memilih jalur masuk SNMPTN Bidikmisi bedanya adalah anda mengusulkan pendaftaran melalui beasiswa Bidikmisi, untuk tes tetap sama seperti jalur pada umumnya tetapi ketika dinyatakan lulus anda resmi langsung mendapatkan beasiswa Bidikmisi yang di inginkan, untuk pendaftaran anda bisa mengakses informasi di situs resmi Bidikmisi.dikti.go.id selanjutnya lanjutkan pendaftaran melalui situs resmi di snmptn.ac.id.

2.  SBMPTN

Bagi pelajar yang tidak lulus seleksi pada beasiswa jalur sebelumnya bisa mendaftar melalui jalur berbeda seperti jalur SBMPTN, selain itu untuk yang tidak mendapatkan jalur undangan juga bisa mengikuti jalur beasiswa Bidikmisi di SBMPTN untuk seleksi sama seperti pada umumnya hanya saja jika dinyatakan lulus maka anda berhak menerima beasiswa Bidikmisi yang dimaksud. Untuk pendaftaran anda cukup mengakses situs resmi di Bidikmisi.dikti.go.id kemudian lanjut pada sbmptn.or.id.

3.  Mandiri Beasiswa Bidikmisi

Untuk jalur ini biasanya ada beberapa kampus yang membuka secara resmi melalui Jalur Mandiri beasiswa Bidikmisi juga diberikan kepada calon mahasiswa baru yang ingin menimba ilmu di perguruan tinggi negeri tertentu, meski tidak semau PTN membuka Jalur Mandiri untuk Bidikmisi tetapi ada sebagian yang menyediakan jalur tersebut tinggal mana yang akan pilih sesuai dengan kemampuan dan kesempatan. Untuk proses pendaftaran silahkan kunjungi situs resmi PTN yang ada dan daftaran diri anda melalui situs resmi di bidikmisi.dikti.go.id.

Semua proses pendaftaran dapat dilakukan melalui situs resmi di Bidikmisi.dikti.go.id kemudian lanjukan pendaftaran sesuai dengan jalur yang di inginkan jika SNMPTN maka pendaftaran dilaksanakan melalui situs jalur tersebut, jika melalui jalur masuk SBMPTN maka melalui jalur tersebut. Untuk metode seleksi sama seperti pada umunya menggunakan seleksi non tulis dan tertulis hanya saja untuk Bidikmisi ditambahkan tes wawancara untuk orang tua yang bersangkutan.

Check Also

Jerawat Lari Dilawan dengan 5 Bahan Ampuh Ini

Edupost.id – Bagi sebagian orang, jerawat sering menjadi musuh menyebalkan, terutama bagi kaum wanita. Jerawat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *