Sabtu , 25 November 2017
Home / Beasiswa / Beasiswa Diploma dan Sarjana di Korea untuk Lulusan SMA
Kuliah di Korea
Beasiswa kuliah di Korea (datacollectors doc.)

Beasiswa Diploma dan Sarjana di Korea untuk Lulusan SMA

Edupost.id – Program Korean Government Scholarship Program (KGSP) menawarkan beasiswa bagi lulusan SMA/SMK/Sederajat yang ingin melanjutkan studi Diploma atau Sarjana di universitas yang ada di Korea Selatan. Program ini menawarkan beasiswa penuh, termasuk kursus bahasa Korea gratis selama setahun sebelum masa studi.

Khusus bagi pelamar dari Indonesia, tersedia 3 macam beasiswa KGSP 2018 yang dapat diikuti, yaitu Beasiswa Diploma (setara D2), Beasiswa S1 khusus Jurusan Ilmu Alam dan Teknik, serta Beasiswa S1 via Kedutaan Besar (Kedubes) Korea di Jakarta.

Untuk beasiswa diploma (associate degree) disediakan kuota sebanyak 20 beasiswa yang terbuka bagi negara-negara anggota ODA. Beasiswa S1 khusus jurusan Ilmu Alam dan Teknik tersedia kuota sebanyak 25 beasiswa yang terbuka bagi pelamar dari 64 negara. Sedangkan untuk beasiswa S1 via Kedubes Korea di Jakarta, tersedia 3 kuota beasiswa untuk pelamar dari Indonesia dengan pendaftaran dapat langsung ditujukan pada Kedubes Korea di Jakarta.

Perkuliahan akan dimulai pada tanggal 1 Maret 2018. Untuk studi S1 akan berlangsung selama lima tahun, yang terdiri dari kuliah S1 selama empat tahun dan kursus bahasa Korea selama satu tahun. Untuk studi Diploma berlangsung selama tiga tahun, yang terdiri dari kuliah dua tahun dan kursus bahasa Korea selama satu tahun.

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi para pelamar adalah

1. Merupakan warga negara dari negara yang telah ditentukan, termasuk Indonesia
2. Berusia di bawah 25 tahun per 1 Maret 2018 (lahir setelah 1 Maret 1993).
3. Memiliki kondisi kesehatan yang baik, jasmani maupun rohani. Pelamar disabilitas juga dapat mengikuti beasiswa ini.
4. Telah lulus atau akan lulus SMA/SMK/sederajat per 1 Maret 2018
5. Pelamar program Diploma harus memiliki nilai rata-rata kumulatif di atas 75 persen atau berada dalam peringkat 25 persen terbaik selama masa SMA/SMK/sederajat. Selain itu, bersedia mencari pekerjaan di bidang studi terkait setelah mendapatkan gelar.
6. Pelamar program Sarjana harus memiliki nilai rata-rata kumulatif 80 persen atau berada dalam peringkat 20 persen terbaik selama masa SMA/SMK/sederajat. Selain itu, belum pernah mendapatkan beasiswa dari pemerintah Korea sebelumnya.
7. Tidak memiliki batasan berpergian ke luar negeri.
8. Lebih diutamakan bagi pelamar yang memiliki kemampuan bahasa Korea atau Inggris.
9. Pelamar hanya boleh mendaftar pada satu universitas.
10. Pelamar hanya diperbolehkan mendaftar melalui salah satu jalur
11. Lebih diutamakan bagi pelamar yang berasal dari kondisi ekonomi rendah.

Untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai beasiswa ini dapat menghubungi telepon: 021-2967-2555 atau melalui laman resmi Kedubes Korea, idn.mofa.go.kr.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *