Rabu , 13 Desember 2017
Home / Beasiswa / Beasiswa Pelatihan Guru di Amerika

Beasiswa Pelatihan Guru di Amerika

Berikut ini beasiswa yang bermanfaat bagi para guru SMP/SMA yang ingin meningkatkan kapasitas dan pengetahuan dalam hal mengajar. Beasiswa yang diberi nama International Leaders in Education Program (ILEP) ini difasilitasi oleh Biro Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat.

Para peserta yang berhasil memperoleh beasiswa ini akan diberi pelatihan intensif mengenai metodologi, rencana pembelajaran, strategi mengajar, kepemimpinan guru, penggunaan komputer dan internet, juga cara mengolah kata serta menggunakan alat bantu mengajar.

Selain itu, peserta juga diberi kesempatan mengikuti perkuliahan selama satu semester pada program akademik di universitas Amerika Serikat. Kemudian, para peserta bisa magang di sekolah menengah dan berinteraksi secara aktif dengan guru dan siswa di sana.

Biaya yang ditanggung melalui beasiswa ini meliputi pembekalan sebelum keberangkatan dari Indonesia, tiket pesawat pulang pergi Indonesia-Amerika Serikat, orientasi kedatangan di Washington, DC. Kemudian, peserta juga ditanggung biaya program akademik, tempat tinggal,asuransi kesehatan dan kecelakaan serta uang saku harian untuk makan dan biaya selama menjalani perkuliahan di sana.

Selain itu, peserta juga difasilitasi laptop, buku/tunjangan pengembangan profesional. Mengikuti seminar penutupan di Washington, DC, tunjangan bagasi dan kesempatan memperoleh bantuan hibah kolaboratif dari kolega yang ada di Amerika Serikat.

Persyaratan mengajukan beasiswa ini:

  1. Guru SMP/SMA/sederajat yang mengajar di bidang bahasa Inggris, Ilmu sosial (IPS), pendidikan kewarganegaraan (PKn), matematika, serta sains (IPA)
  2. Mempunyai pengalaman mengajar selama 5 tahun atau lebih
  3. Warga negara Indonesia
  4. Mampu menulis dan memakai bahasa Inggris dengan dibuktikan skor minimum ITP TOEFL 500, IELTS 5,0 atau IBT TOEFL 60/61

Dokumen yang dibutuhkan:

  1. Formulir aplikasi
  2. Statement of Purpose yang ditulis dengan jelas sebanyak satu halaman
  3. Curriculum Vitae
  4. Mengisi formulir rekomendasi serta formulir dukungan institusi
  5. Salinan kartu identitas (KTP atau paspor)

Mekanisme pendaftaran:

Menyiapkan dokumen yang dibutuhkan di atas. Aplikasi harus terlihat sama dan dijadikan satu bundel. Berkasi dikirim ke alamat:

AMINEF OFFICE

CIMB Niaga Plaza, 3rd Floor

Jl. Jendral Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Aplikasi diterima paling lambat 15 April 2015. Silahkan ajukan pertanyaan melalui emailinfofulbright_ind@aminef.or.id atau cek di www.aminef.or.id

Info lebih lanjut bisa dilihat di: www.beasiswapascasarjana.com/2014/08/beasiswa-guru-smpsma-2015-pelatihan-ke.html

Check Also

Tahun 2018 Semua Sekolah Harus Terapkan Kurikulum 2013

Edupost.id – Pada tahun 2018 semua sekolah di Indonesia sudah harus menerapkan Kurikulum 2013. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *