Rabu , 18 Januari 2017
Home / Beasiswa / Beasiswa Pendidikan S3 di Jerman dari DIKTI

Beasiswa Pendidikan S3 di Jerman dari DIKTI

Edupost.ID – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) memberi kesempatan beasiswa pendidikan ke Jerman melalui program German Scholarship Programe (IGSP). Program beasiswa ini diperuntukkan bagi dosen tetap di Perguruan Tinggi dalam lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang akan melanjutkan studi ke jenjang pendidikan Doktor (S3) di Jerman.

Syarat dan ketentuan program beasiswa Indonesia–German Scholarship Programme  (IGSP) adalah sebagai berikut:

  1. Dosen tetap Perguruan Tinggi (memiliki NIDN) di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.
  2. Mendapat ijin dari pemimpin perguruan tinggi yang bersangkutan, atau dari Kordinator Kopertis Wilayah masing-masing (dosen tetap PTS).
  3. Memiliki gelar S2 atau yang setara.
  4. Tidak untuk mendapat gelar kedua dalam strata yang sama.
  5. Menguasai bahasa Inggris minimal setara dengan nilai IBT minimal 80 atau IELTS minimal 6.0 (atau sesuai dengan syarat yang berlaku di Perguruan Tinggi tujuan).
  6. Memiliki sertifikat penguasaan bahasa Jerman (apabila ada).
  7. Mempunyai usulan penelitian (research proposal).
  8. Umur tidak lebih dari 50 tahun.
  9. Pelamar yang berstatus suami dan isteri dan memiliki bidang keilmuan yang sama, tidak diperkenankan melamar pada perguruan tinggi yang sama dan/atau dibimbing oleh promotor yang sama.
  10. Bagi pelamar yang dinyatakan telah lolos seleksi wawancara, wajib meninggalkan rutinitas di instansi asal untuk mengikuti pelatihan bahasa Jerman selama kurang lebih 3 (tiga) bulan di Goethe Institut, Jakarta sesuai dengan jadwal yang ditentukan kemudian.

Program ini merupakan upaya meningkatkan kualitas dosen tetap di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Bagi dosen yang berminat melamar beasiswa tersebut, silahkan mendaftar secara daring (online) melalui laman beasiswa.dikti.go.id/bppln dengan pilihan jenis beasiswa Indonesia-German Scholarship Programme (S3).

Pelamar yang dipanggil wawancara adalah mereka yang mengunggah berkas lamaran secara lengkap dan memenuhi kriteria yang tercantum dalam Pedoman Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPP-LN) Ditjen Pendidikan Tinggi tahun 2015 yang dapat diunduh pada laman tersebut di atas. Seleksi wawancara Beasiswa Pascasarjana Pendidikan Luar Negeri (BPP-LN) skema IGSP untuk studi PhD dimulai pada Winter Semester 2016 pada 16-17 November 2015 di Jakarta, Indonesia. Pendaftaran secara daring (online) dan pengunggahan berkas lamaran dilakukan paling lambat 15 Oktober 2015.

Check Also

SBMPTN

Pendaftaran Bidikmisi 2017 Sudah Dibuka

Edupost.ID – Proses pendaftaran Bidikmisi 2017 mulai dibuka. Bidikmisi merupakan program bantuan biaya pendidikan bagi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *