Selasa , 13 November 2018
Home / Beasiswa / Beasiswa S1 di Jepang untuk Pelajar SMA
Beasiswa
Beasiswa

Beasiswa S1 di Jepang untuk Pelajar SMA

Edupost.id – Mitsui-Bussan Scholarship Program for Indonesia merupakan tawaran beasiswa yang ditujukan bagi para pelajar lulusan SMA di Indonesia untuk melanjutkan studi di Jepang. Beasiswa ini didanai oleh Mitsui & Co. Ltd bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Beasiswa yang ditawarkan secara rutin setiap tahunnya ini bersifat beasiswa penuh. Beasiswa ini akan diberikan selama jangka waktu 5,5 tahun. Sebelum memasuki masa studi S1 di Universitas selama empat tahun, mereka berkesempatan mengikuti kursus bahasa Jepang selama 18 bulan yang akan dilaksanakan pada Tokyo Japanese Language Education Center of Independent Administrative Institution, Japan Student Services Organization, Tokyo, Jepang.

Untuk masa studi tahun 2018, beasiswa ini akan diberikan dari bulan Oktober 2018 s.d. Maret 2024. Pelamar mengisi Formulir Pendaftaran pada website: www.mbkscholarship-id.com . Pendaftaran baru akan dibuka pada tanggal 1 Februari 2018 , pastikan anda mengisi formulir pendaftaran setelah tanggal di atas

Cakupan beasiswa yang diberikan berupa tunjangan biaya hidup senilai 145,000 yen (Rp 17juta) per bulan, tiiket pesawat kelas ekonomi PP Indonesia – Jepang pada awal dan akhir masa pemberian beasiswa. Selain itu juga tunjangan kedatangan senilai 50,000 yen (Rp 5,9juta) yang diberikan pada saat kedatangan di Jepang.

Persyaratan untuk mendapat beasiswa ini adalah :

1. Merupakan Warga Negara Indonesia.
2. Pelamar berusia kurang dari 20 tahun per tanggal 1 April 2018.
3. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama menjalani masa penerimaan beasiswa.
4. Dapat diikuti bagi yang sudah lulus SMA maupun bagi pelajar kelas 12 SMA jurusan IPA atau IPS. Untuk jurusan IPA, nilai Matematika, Fisika, Kimia dan Bahasa Inggris minimal 80. Sedangkan untuk jurusan IPS, nilai Matematika, Ekonomi, Geografi, dan Bahasa Inggris minimal 80. Bagi lulusan SMA, nilai minimal tersebut dilihat selama 3 tahun sekolah, sedangkan bagi pelajar kelas 12, nilai minimal tersebut dilihat pada dua semester terakhir.
5. Bersedia untuk belajar bahasa Jepang dan mendapatkan pendidikan di universitas dalam bahasa Jepang.
6. Sehat jasmani dan rohani dan tidak terinfeksi penyakit.

Beasiswa ini juga akan menanggung biaya perkuliahan termasuk biaya pendaftaran dan biaya kursus bahasa Jepang. Untuk biaya makan, transportasi selama masa studi dan biaya lainnya ditanggung oleh masing-masing peserta.

Informasi lebih detail mengenai Beasiswa S1 Jepang Mitsui Bussan Scholarship dapat mengunduh Panduan Beasiswa Mitsui-Bussan. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=