Sabtu , 26 Mei 2018
Home / Beasiswa / Beasiswa untuk Guru SD SMP dan SMA ke Amerika Serikat
Beasiswa
Beasiswa

Beasiswa untuk Guru SD SMP dan SMA ke Amerika Serikat

Edupost.id – Departemen Luar Negeri AS menawarkan program beasiswa Fulbright Distinguished Awards in Teaching Program for International Teachers (FULBRIGHT DAI). Ini merupakan beasiswa yang ditawarkan bagi guru dan staff pendidikan di SD/SMP/SMA/sederajat di Indonesia untuk mengikuti perkuliahan satu semester di universitas yang ada di Amerika Serikat.

Program beasiswa akan dimulai pada bulan Januari 2019 dan berakhir pada bulan Mei 2019. Berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan meliputi pelatihan pengembangan profesional, mengajar bersama dengan guru-guru AS, mengamati dan membagikan keahlian yang dimiliki kepada guru dan siswa pada universitas/sekolah di AS, dan menyelesaikan proyek individu atau kelompok.

Beasiswa ini akan memberikan cakupan biaya berupa dukungan visa J-1, orientasi sebelum keberangkatan di Indonesia, dan tiket pesawat PP Indonesia – Amerika. Selasin itu juga akan memberikan fasilitas berupa orientasi kedatangan di Washington DC, biaya program akademik, tempat tinggal dan makanan, serta asuransi kecelakaan dan kesehatan.

Berbagai bentuk tunjangan, seperti tunjangan harian untuk hal yang tidak terduga, tunjangan bagasi, tunjangan teknologi, serta biaya transportasi ke sekolah di AS juga ditanggung oleh beasiswa. Bagi penerima beasiswa yang berprestasi berkesempatan untuk mendaftar program Alumni Small Grants.

Untuk mendapat beasiswa ini, pelamar harus memrnuhi persyaratan berikut

1. Merupakan warganegara Indonesia.
2. Telah menyelesaikan studi Sarjana (S1) atau setara.
3. Saat ini merupakan guru tetap SD/SMP/SMA/setara pada sekolah yang melayani penduduk lokal (bukan ekspatriat).
4. Memiliki pengalaman mengajar minimal lima tahun atau lebih (berlaku untuk semua bidang).
5. Lancar berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dengan skor minimum TOEFL ITP 500 atau TOEFL iBT 60/61 atau skor IELTS yang setara.
6. Mampu menunjukkan komitmen untuk melanjutkan mengajar setelah menyelesaikan program beasiswa.
7. Bagi petugas perpustakaan, guru bimbingan konseling (BK), pembuat kurikulum, koordinator pendidikan khusus, dan tenaga pendidik lainnya termasuk staf administrasi yang bekerja setidaknya 50% dari waktu mereka untuk siswa SD/SMP/SMA/setara, juga dapat mendaftar beasiswa ini.
8. Mampu menunjukkan bukti kepemimpinan di sekolah atau daerah mereka.

Batas waktu pendaftaran sampai dengan 1 Maret 2018. Informasi lebih detail mengenai Beasiswa GURU Fulbright DAI dapat menanyakan pada email: infofulbright_ind@aminef.or.id atau melalui laman resminya: www.aminef.or.id. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=