Sabtu , 25 November 2017
Home / Beasiswa / Seleksi Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Tahun 2015 – LPDP

Seleksi Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Tahun 2015 – LPDP

Dibuka sepanjang tahun, Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) yang dikelola LPDP tetap memiliki jadwal secara periodik untuk menyeleksi aplikasi. Tujuannya, agar mereka yang lebih dulu mendaftar dan mengajukan permohonan memperoleh kesempatan lebih awal untuk diseleksi dan mengikuti tahapan penerimaan. Misalnya beasiswa BPI program magister dan doktor, proses seleksi dilakukan empat kali dalam setahun, yaitu Maret, Juni, September, dan Desember. Dengan begitu, Anda yang mendaftar sekarang kesempatan untuk menerima beasiswa dari LPDP juga lebih awal.

Program Beasiswa Pendidikan Indonesia merupakan skema beasiswa pemerintah yang dikelola LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan). Beasiswa memanfaatkan dana pengembangan pendidikan nasiononal (DPPN) untuk membiayai studi magister maupun doktor di dalam dan luar negeri. Keunggulannya, beasiswa LPDP disediakan secara penuh serta menanggung semua kebutuhan studi yang diperlukan. Menariknya pula, beasiswa disediakan dalam beberapa jenis berdasarkan sasaran dan tujuan beasiswa.

Beasiswa BPI Program Magister dan Doktor
Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) program magister dan doktor dibuka secara umum. Sasarannya adalah pelamar yang memiliki prestasi akademik serta memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat. Tidak ada batasan wilayah selama mereka warganegara Indonesia. BPI program magister dan doktor dibuka sepanjang tahun, termasuk 2015 dengan proses seleksi empat kali setahun seperti diuraikan di awal.

Pelamar bisa memanfaatkan beasiswa tersebut untuk melanjutkan pendidikan magister atau doktor di bidang teknik, sains, pertanian, kedokteran/kesehatan, akuntansi/keuangan, hukum, agama, sosial, ekonomi, budaya/bahasa, serta bidang lainnya.

Beasiswa BPI Program Tesis/Disertasi

Beasiswa BPI satu ini spesifik ditujukan bagi pelamar yang ingin menyelesaikan tesis atau disertasinya. Pelamar bisa saja mereka yang mengambil program magister atau doktor di dalam dan luar negeri. Di antara syaratnya adalah pelamar harus telah menyelesaikan seluruh mata kuliah dan dinyatakan lulus seminar proposal oleh pimpinan program pascasarjana.

Nilai beasiswa yang diperoleh beragam, tergantung lokasi serta fasilitas penelitian yang digunakan. Besarnya dana beasiswa tesis/disertasi didasarkan atas rencana anggaran belanja penelitian yang diajukan. Misalnya beasiswa penelitian tesis yang dilakukan di dalam negeri diberikan maksimal sebesar Rp 15 juta jika tidak menggunakan laboratorium, atau Rp 25 juta jika memakai fasilitas laboratorium. Sementara, beasiswa tesis di luar negeri diberikan maksimal Rp 30 juta tanpa menggunakan laboratorium dan Rp 50 juta jika menggunakan laboratorium.

Untuk beasiswa disertasi, jika penelitiannya di dalam negeri tidak menggunakan laboratorium maksimal Rp 60 juta, menggunakan labor Rp 75 juta. Jika di luar negeri tanpa menggunakan labor maksimal Rp 120 juta dan menggunakan labor maksimal Rp 150 juta.

Beasiswa BPI Program Afirmasi
Beasiswa Pendidikan Indonesia Program Afirmasi adalah salah satu yang ditawarkan LPDP untuk sasaran kawasan dan kelompok tertentu. Secara khusus, mereka yang bisa mengikuti beasiswa program afirmasi ini adalah warganegara Indonesia yang berasal dari daerah dengan kategori 3 T (terdepan, terluar, tertinggal). Kelompok kedua yang diberi kesempatan mengikuti beasiswa afirmasi adalah mereka yang telah berjasa membawa nama Bangsa Indonesia dalam bidang olimpiade sains dan teknologi, olahraga dan seni/budaya pada tingkat nasional atau internasional.

Pelamar bisa menggunakan beasiswa tersebut untuk mendaftar ke program magsiter atau doktor di perguruan tinggi dalam maupun luar negeri. Beasiswa ini dibuka sepanjang tahun dengan proses seleksi yang dilakukan secara bertahap. Beasiswa ini juga diberikan secara penuh yang menanggung kebutuhan selama studi.

Beasiswa Pendidikan Dokter Spesialis
Program LPDP satu ini tergolong masih baru. Beasiswa pendidikan dokter spesialis. Jika Anda adalah seorang dokter dan bercita-cita melanjutkan pendidikan dokter spesialis, beasiswa ini sangat tepat untuk diikuti. Serupa dengan beberapa beasiswa yang diuraikan sebelumnya. Beasiswa pendidikan dokter spesialis menyediakan pendanaan studi penuh yang diperlukan untuk menyelesaikan studi.

Ada beberapa program pendidikan dokter spesialis yang menjadi prioritas, yakni Spesialis Obstetri & Ginekologi, Spesialis Anak, Spesialis Penyakit Dalam, Spesialis Gizi Klinik, dan Spesialis Anastesiologi. Keahlian tersebut bisa diperoleh di beberapa universitas di dalam negeri yang telah ditetapkan oleh LPDP.

Pendaftarannya dibuka sepanjang tahun dengan proses seleksi yang dilakukan empat kali dalam setahun, yakni Maret, Juni, September, dan Desember. Pelamar adalah warganegara Indonesia yang memiliki prestasi akademik serta memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.

Beasiswa Presiden RI
Skema Beasiswa Presiden RI atau Indonesia Presidential Scholarship (IPS) adalah salah satu Beasiswa Pendidikan Indonesia yang diberikan secara istimewa. Beasiswa ini bekerjasama langsung dengan pihak Istana dan disediakan fasilitas yang lebih bagi penerimanya. Pelepasannya pun tak main-main karena dilakukan langsung oleh Presiden.

Pelamar yang ingin memperoleh Beasiswa Presiden RI harus diterima di 50 universitas terbaik dunia yang ditentukan LPDP. Beasiswa ini diberikan kepada sekitar 150 orang terbaik setiap tahunnya. Pendaftaran dibuka untuk studi S2 atau S3 dalam dua gelombang.

Pendaftaran:
Permohonan bisa disampaikan secara online melalui laman LPDP (www.lpdp.depkeu.go.id). Bagi Anda yang berminat dapat mengunduh jadwal pendaftaran Beasiswa LPDP 2015.
– See more at: www.beasiswapascasarjana.com/2015/01/beasiswa-pendidikan-indonesia-bpi-lpdp.html

Check Also

Jerawat Lari Dilawan dengan 5 Bahan Ampuh Ini

Edupost.id – Bagi sebagian orang, jerawat sering menjadi musuh menyebalkan, terutama bagi kaum wanita. Jerawat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *