Selasa , 23 Mei 2017
Home / Belajar / Cara Cepat Menghafal Pelajaran dengan Teknik Akrostik
Cara-Cepat-Menghafal-Pelajaran-dengan-Teknik-Akrostik
Ilustarsi: Akrostik. (Foto: pad3whstatic)

Cara Cepat Menghafal Pelajaran dengan Teknik Akrostik

Edupost.id – Menghafal pelajaran memang membutuhkan energi lebih besar dan waktu yang cukup lama. Namun, ada cara cepat menghafal pelajaran dengan teknik akrostik, seperti dijelaskan Adi. W.Gunawan dalam buku “Genius Learning Strategy”.

Teknik akrostik adalah teknik menghafal dengan cara mengambil huruf depan dari materi yang ingin dihafal. Kemudian, huruf depan ini digabungkan dan dibuat suatu singkatan atau ceritavyang lucu.

Contoh menghafalkan warna pelangi dengan teknik akrostik maka jadinya ialah mejiku hibiniu. Contoh lainnya jika kita ingin menghafal nama planet dari posisi terdekat matahari hingga planet terjauh. Caranya ialah sbb:

Jika kita ingin mengambil huruf depan dari masing-masing planet ini maka kita dapatkan huruf M, V, B, M, J, S, U, N dan P. Huruf ini sekarang kita buat singkatan yang lucu.

Misalnya, Main Volley Ball Membuat Jantung Sehat Untuk Nenek Peot.

Untuk membuat akrostik yang lucu dan menarik membutuhkan kreativitas. Namun, begitu anda berhasil menghafal dengan teknik ini, dijamin informasi yang anda simpan dalam memori anda dapat bertahan sangat lama. Kalaupun anda sampai lupa, anda tinggal menfulang menghafal akrostiknya saja.

Check Also

Permainan Cerdas Cermat Aik dan Menantang

Permainan Cerdas Cermat Asyik dan Menantang

Edupost.id- Cerdas cermat merupakan salah satu permainan yang mengutamakan kecepatan dan ketetapan. Permainan ini menjadikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *