Selasa , 22 Agustus 2017
Home / Belajar / Cara Menghafal Cepat dengan Teknik Plesetan Kata
cara-menghafal-dengan-cepat
Cara menghafal dengan cepat (foto: mediatraining)

Cara Menghafal Cepat dengan Teknik Plesetan Kata

Edupost.id – Menghafal dengan cepat kosakata baru atau beberapa informasi tentu bukan hal yang mudah . Namun, ada cara menghafal cepat dengan teknik plesetan kata seperti yang dijelaskan Ade W. Gunawan dalam buku “Genius Learning Strategi”.

Teknik ini menuntut kreativitas kita dalam merangkai kata. Dalam teknik ini kita menggantikan kata sulit yang ingin dihafal dengan kata lain yang bunyinya serupa dan menarik. Teknik ini sangat berguna untuk membantu siswa menghafal kata asing atau istilah yang tidak dikenal.

Misalnya anda ingin menghafal nama negara beserta ibukotanya. Kata yang ingin dihafal yaitu negara Irak (Bagdad), Turki (Ankara), Islandia (Reykjavik), Spanyol (Madrid), Honduras (Tegucigalpa, dan Monolia (Ulan Bator). Jika strategi yang anda gunakan ialah dengan membacanya berulang, maka akan sulit diingat.

Strategi yang tepat yaitu mengubah kata tersebut menjadi sesuatu yang terdengar menarik diucapkan. Maka, negara Irak (Bagdad) berubah menjadi Irex dan Bagdad menjadi Badak. Lalu susun kalimatnya menjadi, “Irex membuat kita seperti badak”. Selanjutnya Turki (Ankara) menjadi “Turis kita, angker”. Kemudian Islandia (Reykjavik) berubah seperti “Iklan dia, rejeki apik”.

Negara selanjutnya yaitu Spanyol (Madrid) menjadi “Separoh nyolong, malas ngirit”. Sedangkan negara Honduras (Tegucigalpa), “Honda di teras terkunci apa?”. Terakhir yaitu Monolia (Ulan Bator) menjadi “Mogok kuliah, ulangan batal”.

Sedangkan, kata lainnya yang sulit diucapkan maka perlu diurai. Sebagai contoh “Vitakkavicarapitishukaekaggatta”. Kata tersebut dapat diurai menjadi “Vitakka (Vivi tidak akan), Vicara (bicara), Piti (Pithik: ayam dalam bahasa Jawa), Sukha (suka), dan Ekaggatta (Eka yang gatal badannya).

Demikian cara menghafal cepat dengan teknik plesetan kata. Selamat mencoba! (Nisa)

Check Also

Cara Menggambar Peta bagi Siswa Sekolah Dasar

Cara Mudah Ajari Siswa SD Menggambar Peta

Edupost.ID- Peta adalah gambaran permukaan bumi pada bidang datar tertentu, melalui suatu sistem proyeksi. Peta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *