Jumat , 26 Mei 2017
Home / Belajar / Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris
percakapan-bahasa-inggris
Ilustrasi. Percakapan dalam Bahasa Inggris (foto: ism-phila)

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris

Edupost.id – Menguasai  Bahasa Inggris menjadi salah satu keahlian yang harus dimiliki para profesional. Terlebih bagi mereka yang sedang mencari pekerjaan ataupun berencana melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Berikut ini tujuh cara yang bisa ditempuh untuk mempelajari Bahasa Inggris dengan mudah, seperti dilansir fluentu.

1.Miliki buku saku

Pelajari satu kata baru setiap harinya dengan cara mencatat satu kata baru per harinya di buku kecil yang bisa dimasukkan ke saku atau kantung baju. Bawalah selalu buku saku itu dan hapalkan secara berulang-ulang satu kata per harinya.

2. Cari bacaan Berbahasa Inggris

Cara terbaik dalam menambah kosakata maupun memahami percakapan dalam Bahasa Inggris adalah dengan banyak membaca buku berbahasa Inggris. Buku apapun tidak masalah, bisa berupa novel, majalah, koran ataupun komik.

3. Tonton film luar negeri

Mulailah membiasakan diri menonton film luar negeri tanpa melihat teks terjemahannya. Untuk awal-awal memang terasa sulit, namun lama kelamaan anda akan terbiasa memahami isi film meskipun tanpa teks terjemahan.

4. Permainan kosakata

Meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris bisa dilakukan melalui permainan. Misalnya permainan scrabble, atau mengisi Teka teki silang dalam Bahasa Inggris dan permainan lainnya yang menggunakan Bahasa Inggris.

5. Mendengar musik luar negeri

Jika anda senang mendengar musik luar negeri bahkan hapal liriknya, selanjutnya carilah arti dari lirik tersebut. Lakukan itu pada lagu-lagu favorit anda, hal ini akan menambah semangat anda belajar bahasa Inggris.

6. Menulis dalam Bahasa Inggris

Meskipun belum lancar, biasakan diri untuk membuat tulisan dalam Bahasa Inggris bisa berupa pesan singkat untuk rekan anda, ataupun saat pasang status di sosial media.

7. Cari partner berbicara

Mintalah rekan atau sahabat anda untuk menjadi partner anda dalam mempraktikkan percakapan Bahasa Inggris. Walaupun anda belum bisa berkomunikasi dengan lancar, namun tetaplah berusaha mempraktikkan percakapan dalam Bahasa Inggris terutama tentang kegiatan sehari-hari.

8. Bawa kamus saat bepergian

Biasakan diri untuk tidak malas membuka kamus Bahasa Inggris. Anda bisa menyiapkan kamus ukuran saku yang bisa dibawa kemanapun anda pergi. Tiap anda menemukan kosakata yang tidak anda ketahui artinya, pastikan anda langsung mencari artinya di kamus yang ada bawa itu.  (IK-SS)

Check Also

Empat-Cara-Menguasai-Kosakata-Bahasa-Inggris

Empat Cara Menguasai Kosakata Bahasa Inggris

Edupost.id – Belajar kosakata merupakan bagian yang sangat penting dari belajar Bahasa Inggris. Semakin banyak …

One comment

  1. poin ke 7 dan ke 8 kayak e agak susah . wwkwkwk. tapi ok dah saya coba. makasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *