Selasa , 25 Juli 2017
Home / Belajar / Collaborative Learning, Asah Kemampuan Komunikasi Siswa di Kelas
Collaborative-Learning-Asah-Kemampuan-Komunikasi-Siswa-di-Kelas
Ilustrasi: Collaborative Learning. (Foto: ctvnews)

Collaborative Learning, Asah Kemampuan Komunikasi Siswa di Kelas

Edupost.id – Proses belajar secara kolaborasi atau collaborative learning bukan hanya bekerjasama dalamsuatu kelompok.Seperti tulisan yang dibuat Adi W. Gunawan dalam buku Genius Learning Strategy, model belajar ini membantu mengasah kemampuan komunikasi siswa di kelas. 

Belajar secara kolaborasi lebih kepada suatu proses pembelajaran yang melibatkan proses komunikasi secara utuh dan adults di dalam kelas. Prosesnya sendiri terdiri dari cara guru berkomunikasi dengan siswa dalam kaitannya dengan informasi yang diajarkan dan kriteria penialian. Selain itu juga dapat dilihat bagaimana cara murid berkomunikasi dengan guru dan temannya.

Komunikasi disini dapat dilihat sebagai komunikasi satu arah, dua arah, aau multi arah. Komunikasi juga dapat berbentuk tulisan, ucapan, atau sentuhan dan peragaan. Terdapat lima elemen penting yang wajib ada dalam suatu collaborative learning.

1. Independen yang positif

Poin independen yang positif meliputi perasaan kebersamaan

2. Interaksi tatap muka

Interaksi ini biasa dikenal face-to-face yang saling mendukung. Tentunya juga saling membantu, saling menghargai, memberikan selamat dan merayakan kesuksesan bersama.

3. Tanggungjawab individu dan kelompok

Pada poin ini, murid dan guru saling bertanggungjawab demi keberhasilan pembelajaran.

4. Kemampuan komunikasi antarpribadi

Kemampuan ini juga termasuk kedalam Komunikasi di suatu kelompok kecil. Seperti, komunikasi, rasa percaya, kempemimpinan, pembuatan keputusan, dan manajemen serta resolusi konflik.

5. Pemrosesan secara kelompok

Proses ini melalukan refleksi terhadap fungsi dan kemampuan mereka bekerjasama sebagai suatu kelompok, dan bagaimana untuk mampu berprestasi lebih baik lagi. (Nisa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *