Selasa , 24 Januari 2017
Home / Belajar / Delapan Cara Mengingat Pelajaran dengan Cepat
Delapan-Cara-Mengingat-Pelajaran-dengan-Cepat
Ilustrasi: Mengingat dengan cepat. (Foto: hackmystudy)

Delapan Cara Mengingat Pelajaran dengan Cepat

Edupost.id –  Mengingat pelajaran bagi sebagian siswa dirasa cukup sulit. Namun, seperti dilansir Lifehack, ada delapan cara cepat mengingat pelajaran bagi siswa. Jika anda melakukan delapan cara berikut, maka anda mampu memgingat pelajaran lebih cepat.

1. Gunakan memori dengan baik

Seorang koreografer terkenal dari NYC, Twyla Tharp mengajarkan cara untuk mampu menggunakan memori dengan baik. Menurutnya, ketika mendatangi sebuah pertunjukan, cobalah mengingat 12-14 gerakan pertama yang ditampilkan. Kemudian diskusikan dengan teman atau rekan lainnya tanpa menulis rincian gerakannya. Dalam buku The Habit Creative, menyatakan bahwa kebanyakan orang tidak bisa mengingat lebih dari tiga.

2. Pelajari sesuatu yang baru

Ini mungkin terdengar jelas, tetapi semakin anda menggunakan otak , semakin baik daya ingat anda. Pelajarilah sesuatu yang baru seperti bermain instrumen musik yang belum pernah anda coba sebelumnya. Seperti dilansir dari Lifehack, mempelajari sesuatu yang baru dapat meningkatkan fungsi kerja otak.

3. Lakukan sesuatu yang baru berulangkali

setelah anda mempelajari sesuatu yang baru, maka ulangilah kebiasaan itu. Dengan begitu jalur kebiasaan baru di dalam otak anda membantu mengingat lebih cepat. Cobalah sebanyak tiga sampai lima kali.

4. Ikuti permainan yang mengasah otak

Dunia internet dapat membantu anda meningkatkan fungsi otak daripada hanyad berdiam diri di sofa. Sebuah program klinis terbukti seperti BrainHQ, dapat membantu meningkatkan memori atau berpikir lebih cepat, dengan hanya mengikuti latihan otak mereka. Atau anda bisa mencoba mengikuti sejumlah permainan, kuis dan tes yang berkaitan dengan otak.

5. Berolahraga

Olahraga tidak hanya baik untuk tubuh tetapi juga meningkatkan kebugaran otak. Berolahraga selama 20 menit dapat memfasilitasi fungsi pengolahan informasi dan memori. Olahraga yang cukup, dapat meningkatkan kewaspadaan, kemampuan mengingat serta kemampuan gerak tubuh.

6. Luangkan waktu bersama orang yang disayangi

Jika anda ingin memiliki kemampuan kognitif yang optimal, maka harus memiliki hubungan yang bermakna dalam hidup. Berbicara dengan orang lain dan terlibat dengan orang yang disayangi membantu berpikir lebih jernih, dan juga dapat mengangkat suasana hati anda.

7. Hindari teka-teki silang

Banyak dari kita, ketika kita berpikir tentang mengukur kemampuan otak dengan bermain teka-teki silang. Namun, studi menunjukkanteka-teki silang tidak cukup membantu mengingat dengan cepat.

8. Perhatikan asupan gizi

Makanan seperti ikan, buah-buahan, dan sayuran membantu otak tampil maksimal. Namun, perlu anda ketahui bahwa cokelat hitam dapat membantu memperkuat daya ingat otak. (Nisa)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *