Selasa , 25 Juli 2017
Home / Belajar / Jenis Gaya Belajar Tiap Orang yang Perlu Diketahui
gaya belajar
Ilustrasi. Gaya belajar (foto: ncadd)

Jenis Gaya Belajar Tiap Orang yang Perlu Diketahui

Edupost.id – Setiap orang memiliki cara-cara tertentu dalam menyerap suatu informasi, hal ini sesuai dengan gaya belajar yang dimiliki. Ada tiga jenis gaya belajar berdasarkan modalitas yang digunakan individu dalam memproses informasi, seperti dilansir learning style online.

1. Visual (Visual Learners)

Gaya belajar ini menitikberatkan pada ketajaman penglihatan. Orang yang memiliki gaya belajar visual sangat mengandalkan penglihatan dalam mempelajari sesuatu. Ia harus melihat dulu buktinya untuk kemudian bisa mempercayainya.

Ada beberapa ciri khas orang-orang dengan gaya belajar ini. Pertama adalah adanya kebutuhan untuk melihat sesuatu (informasi/pelajaran) secara visual sebelum memahaminya. Kedua, memiliki kepekaan yang kuat terhadap warna. Ketiga, memiliki pemahaman yang cukup terhadap masalah artistik. Keempat, memiliki kesulitan dalam berdialog secara langsung. Kelima, terlalu reaktif terhadap suara. Keenam, sulit mengikuti anjuran secara lisan. Ketujuh, seringkali salah menginterpretasikan kata atau ucapan.

2. Auditori

Gaya belajar jenis ini mengandalkan pada pendengaran untuk bisa memahami dan mengingat suatu informasi. Karakteristik model belajar seperti ini menempatkan pendengaran sebagai alat utama menyerap informasi atau pengetahuan. Artinya, kita harus mendengar, baru kemudian kita bisa mengingat dan memahami informasi itu.

Ciri khas pertama orang yang memiliki gaya belajar ini yaitu semua informasi hanya bisa diserap melalui pendengaran. Kedua, memiliki kesulitan untuk menyerap informasi dalam bentuk tulisan secara langsung. Ketiga, memiliki kesulitan menulis ataupun membaca.

3. Kinestetik

Untuk bisa mengingat suatu informasi, orang dengan gaya belajar kinestetik harus menyentuh terlebih dahulu sesuatu yang memberikan informasi yang dimaksud. Ciri khas orang dengan gaya belajar seperti ini pertama adalah menempatkan tangan sebagai alat penerima informasi utama agar bisa terus mengingatnya. Hanya dengan memegangnya saja, ia bisa menyerap informasi tanpa harus membaca penjelasannya.

Kemudian, yang kedua, ia sulit diam atau selalu bergerak saat sedang menyerap suatu informasi. Ketiga, sulit memahami hal-hal yang abstrak seperti simbol, lambang atau peta. Keempat, ia sangat menyukai belajar hal baru dengan cara mempraktekkannya atau senang dengan permainan yang menggunakan aktivitas fisik.

4. Kombinasi berbagai gaya belajar
Ada beberapa orang yang memiliki gaya belajar kombinasi dari dua atau tiga jenis gaya belajar. Ada yang memiliki gaya belajar kombinasi auditori dan visual. Orang dengan gaya belajar seperti ini, bisa menyerap informasi bila ada gabungan antara penglihatan dan pendengaran. Jadi, ia baru bisa menyerap informasi dengan baik jika ada sesuatu hal yang bisa dilihat dan bisa didengar. (IK-SS)

Check Also

siswa praktik mengajar di kelas

Melatih Siswa dalam Kelas Profesi “Pendidikan”

Edupost.id – Kadangkala guru juga perlu memberi kesempatan siswa untuk berlatih mengajar di kelas. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *