Kamis , 19 Oktober 2017
Home / Belajar / Tips Sukses Raih Nilai TOEFL Tinggi
Tips-Sukses-Raih-Nilai-TOEFL-Tinggi
Ilustrasi: Hasil Nilai TOEFL. (Foto: americancollegespain)

Tips Sukses Raih Nilai TOEFL Tinggi

Edupost.id – Bagi anda yang sedang mencari beasiswa untuk masuk perguruan tinggi di luar negeri tentu tes TOEFL menjadi hal yang sangat penting. Hampir semua beasiswa tersebut mensyaratkan skor yang tinggi. Berikut ini, tips sukses raih nilai tinggi dalam tes TOEFL menurut Diah Ariani Arimbi, Dekan Fakultas Ilmu Budaya Unair.

1. Rutin belajar

Belajar adalah kunci utama untuk meraih kesuksesan. Termasuk, keberhasilan dalam tes Toefl. Selama ini, sudah banyak beredar buku-buku yang berisi jurus jitu menembus nilai yang didam-idamkan. Tak ada yang instan maka, bacalah buku-buku tersebut. Selain itu, saat ini juga sudah banyak tautan internet yang menyediakan bahan belajar tes Bahasa Inggris.

“Pahami pattern atau pola dari soal-soal. Secara umum, pattern itu selalu sama. Yang berbeda hanyalah konten pertanyaan. Kalau seseorang sudah menguasai pattern, apapun pertanyaannya, pasti dapat diselesaikan dengan mudah,” ujar Diah.

2. Akrabkan diri dengan Bahasa Inggris

Mengakrabkan diri dengan Bahasa Inggris akan membuat diri terbiasa dengan bahasa ini. Jika sudah demikian, pemahaman akan menjadi  berkembang. Caranya, bisa dengan mendengar lagu, menonton film berbahasa Inggris (tanpa teks Bahasa Indonesia), dan dengan membaca literatur berbahasa Inggris.

Secara tidak langsung, berinteraksi dengan Bahasa Inggris baik secara audio atau visual akan menjadi sarana belajar yang mengasyikkan.  Kalau belajar sudah enjoy, pelajaran yang ingin diserap otomatis akan lebih mudah masuk ke kepala.

3. Jadikan tantangan

Banyak mahasiswa yang menganggap tes TOEFL sebagai beban. Baik beban kelulusan kuliah maupun beban untuk mendapatkan beasiswa. Kalau sudah seperti ini, tes TOEFL akan menjadi momok dan justru menyusahkan diri secara psikologis.

Karena itu, jadikan tes TOEFL sebagai tantangan. Anda perlu yakin proses tersebut pasti berlalu. Asalkan, tidak pernah behenti belajar dan serius menghadapinya. Karena dengan mengubah paradigma, hal sulit akan terasa mudah untuk dijalani. (Unair/IK-SS)

Check Also

Empat-Cara-Menguasai-Kosakata-Bahasa-Inggris

Empat Cara Menguasai Kosakata Bahasa Inggris

Edupost.id – Belajar kosakata merupakan bagian yang sangat penting dari belajar Bahasa Inggris. Semakin banyak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *