Jumat , 19 Oktober 2018
Home / Berita Pendidikan / 13.525 Pelajar se-Indonesia Beradu di Olimpiade Sains 2018
OSN Bidang Kimia Tematik. dok. psma

13.525 Pelajar se-Indonesia Beradu di Olimpiade Sains 2018

Edupost.id – Sebanyak 13.525 pelajar se-Indonesia saling beradu di ajang Olimpiade Sains Provinsi (OSP). Mereka adalah siswa terbaik dari sembilan bidang sains yang lolos, pada 17-19 April 2018. OSP ini merupakan seleksi penentuan, lolos atau tidaknya mereka ke Olimpiade Sains Nasional (OSN), 1 – 7 Juli mendatang.

Sembilan bidang sains yang dilombakan, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Komputer, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi. Mereka merupakan siswa-siswa terpilih yang telah lolos dalam seleksi kabupaten/kota yang dilaksanakan pada 28 Februari 2018.

Dalam OSP 2018 ini, Provinsi Jawa Timur menjadi provinsi terbanyak yang mengirimkan peserta ke ajang seleksi provinsi, yaitu sebanyak 1.149 siswa.

Olimpiade sains diselenggarakan untuk memfasilitasi dan menjaring siswa SMA yang memiliki potensi, bakat, dan minat dalam bidang sains. Direktur Pembinaan SMA, Purwadi Sutanto, mengatakan  olimpiade sains dilaksanakan secara berjenjang, dengan harapan memberi kesempatan yang sama kepada seluruh siswa SMA untuk berkompetisi.

Purwadi mengatakan, menjadi juara di tingkat kabupaten saja sudah menjadi sebuah kebanggaan, apalagi kemudian juga di tingkat provinsi, bahkan nasional dan internasional.

“Ini tentunya juga akan berimbas pada peningkatan mutu pendidikan ke depannya. Semoga pada  OSP tahun ini kita akan mendapatkan siswa-siswa terbaik yang akan maju ke tingkat nasional, lalu kemudian juga menjadi wakil Indonesia ke tingkat internasional,“ ujarnya. (IK-SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=