Kamis , 22 Februari 2018
Home / Berita Pendidikan / 14 SD di Yogyakarta Ditarget Buka Madrasah Diniyah Tahun Ini
UAMBN-MA
Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN)

14 SD di Yogyakarta Ditarget Buka Madrasah Diniyah Tahun Ini

Edupost.id – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Sigit Warsita menargetkan akan menambah 14 Sekolah Dasar di Kota Yogyakarta untuk membuka program Madrasah Diniyah 2018. Sasaran Kantor Kemenag Yogyakarta dalam program ini diutamakan SD negeri yang tidak masuk dalam kategori unggulan ataupun favorit.

“Sejak 2015 sudah ada 15 sekolah. Tahun ini kita tambahkan 14 sekolah. Sebagian besar adalah Sekolah Dasar Negeri, ada juga satu sekolah swasta yang ikut,” katanya.

Ditambahkan Sigit, pihaknya memang mengutamakan penyelenggaraan program Madrasah Diniyah di sekolah kecil yang kurang menjadi favorit. Harapannya, program Madrasah Diniyah yang nantinya diselenggarakan di sekolah tersebut akan mampu mendongkrak pengembangan potensi dan karakter siswa hingga kualitas sekolah.

Dalam penentuan sekolah yang akan menjadi sasaran program, Kemenag Yogyakarta telah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan setempat untuk pemetaan sekolahnya. Saat ini, proses pemetaan masih terus berjalan.

Penyelenggaraan Madrasah Diniyah di Sekolah Dasar dilatarbelakangi minimnya jam pelajaran pendidikan agama di sekolah umum. Materi yang diberikan melalui program tersebut lebih ditekankan pada penguatan akhlak, budi pekerti, akidah, dan pendidikan Al Quran.

“Dalam satu pekan akan ada tiga kali pertemuan dengan total sembilan jam pelajaran. Pogram ini akan diintegrasikan ke dalam jam pelajaran siswa tanpa menambah jam pelajaran khusus,” jelas Sigit.

Sejak diterapkan pertama kali pada 2015, kendala pelaksanaan tetap masih ditemui, di antaranya kurikulum, standar ustadz dan ustadzah yang menyampaikan materi. Kendala lain yang ditemui juga terkait sarana dan prasarana di sekolah. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *