Selasa , 23 Mei 2017
Home / Berita Pendidikan / 2017, Semua SMP Negeri di Kota Yogyakarta Terapkan UNBK
siswa memakai komputer dalam pembelajaran
Siswa memakai komputer dalam pembelajaran

2017, Semua SMP Negeri di Kota Yogyakarta Terapkan UNBK

Edupost.Id, Yogyakarta – Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta menargetkan pada 2017, seluruh SMP Negeri di Kota Yogyakarta menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Ada 16 SMP Negeri yang ditargetkan melaksanakan UNBK 2017. Sedangkan untuk tahun ini, baru dua SMP Negeri yang menggelar UNBK, yaitu SMPN 5 dan SMPN 8 Yogyakarta.

Kepala Disdik Kota Yogyakarta, Edy Hari Suasana mengatakan, pihaknya telah mengajukan bantuan komputer sebanyak 1.126 melalui Dinas Bangunan Gedung dan Aset Daerah (DBGAD) untuk merealisasikan program tersebut. Hanya saja, pengadaan komputer itu dapat direalisasikan selama dua tahun. “Tahun ini sekitar 560 komputer, sisanya pada 2017,” ujar Edy.

Pengadaan 560 unit komputer yang dijadwalkan tahun ini ternyata baru dapat terrealisasi pasca digelarnya UN SMP. Karena itu, hanya ada dua SMP negeri sebagai penyelenggara UNBK.

Namun, kedua sekolah itu pun masih memiliki kekurangan komputer untuk pelaksanaan UNBK. Kekurangan komputer di SMP Negeri 5 dan SMP Negeri 8 masing-masing sekitar 40 unit. “Di SMPN 5 kurang 40 komputer dan di SMPN 8 juga kurang sekitar segitu,” ujar Edy.

Karena itu, kedua sekolah ini harus meminjam laptop dari orang tua siswa untuk mencukupi ketersediaan komputer. Semua komputer saat ini, kata Edy sudah diproses screening dan setting program agar bisa digunakan dalam UNBK.

Selain dua SMP Negeri, UNBK di Kota Yogyakarta juga akan dilaksanakan di SMP Stella Duce 1 Yogyakarta. Namun, pemerintah tidak campur tangan pada UNBK di sekolah ini. Dikatakan Edy, UNBK yang akan dilaksanakan pada 9 -12 Mei di tiga sekolah itu akan diikuti 845 siswa. (Andi)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *