Sabtu , 21 April 2018
Home / Berita Pendidikan / 2018 DIY Siap Gelar UASBN Berbasis Komputer
UNBK
Siswa mengikuti simulasi Ujian nasional berbasis komputer (UNBK)

2018 DIY Siap Gelar UASBN Berbasis Komputer

Edupost.id – Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai tahun ini akan menggelar Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) 2018 berbasis komputer. UASBN akan mengujikan seluruh mata pelajaran (mapel) jenjang SMA/SMK yang tidak masuk dalam Ujian Nasional (UN).

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Kadarmanta Baskara Aji menjelaskan, seluruh mapel yang tidak masuk UN akan diujikan dalam UASBN dengan berbasis komputer. Penerapan UASBN berbasis komputer terutama pada SMK karena jumlah mata pelajaran non UN relatif sedikit.

Khusus SMA, pihaknya tak bisa memaksakan karena jumlah mapel tergolong banyak. Tetapi ada beberapa SMA yang menyatakan kesiapannya melaksanakan UASBN berbasis komputer meski jumlah mapel relatif banyak.

“Kalau yang SMA, agak kesulitan kalau berbasis komputer karena ragam mapelnya banyak, waktunya menjadi sangat panjang, kalau basis kertas kan sehari bisa dua sampai tiga mapel. Kalau komputer kan sehari hanya satu mapel,” terangnya.

Aji mengaku akan berkoordinasi dengan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) terkait pelaksanaan UASBN berbasis komputer. Karena soal dibuat oleh DIY, maka koreksi akan melibatkan tim dari MGMP.

Di sisi lain, untuk UN, Disdikpora DIY memastikan seluruh SMA/SMK di DIY akan menerapkan UNBK. Beberapa sekolah yang tidak memiliki kelengkapan fasilitas komputer dapat menumpang di SMK yang tercatat memiliki laboratorium memadai.

“Pelaksanaan UN akan 100% memakai komputer, kemudian UASBN, semua mapel non UN itu di-UASBN-kan. Beberapa mapel kami akan pakai komputer, terutama di SMK,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=