Selasa , 24 Juli 2018
Home / Berita Pendidikan / 30% SMP di DIY Harus Menumpang UNBK di Sekolah Lain
UNBK 2016
Siswa sedang mengikuti UNBK 2016 tingkat SMA (foto: Nisa Edupost)

30% SMP di DIY Harus Menumpang UNBK di Sekolah Lain

Edupost.id – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY menyebut ada sekitar 30% hingga 40% dari total 450 SMP di DIY yang harus menumpang di sekolah lain dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018.

Kepala Disdikpora DIY, Kadarmanta Baskara Aji menyebut, beberapa sekolah yang akan menumpang ujian di sekolah lain karena ada keterbatasan fasilitas komputer. Namun demikian, pihaknya tetap optimis bisa melaksanakan UNBK 100% di DIY baik di SMP maupun SMA/SMK meski ada kekurangan komputer itu.

“DIY akan melaksanakan UNBK 100% baik di SMP maupun SMA/SMK. Akan tetapi, masih ada beberapa sekolah yang kemungkinan masih menumpang di sekolah lain karena keterbatasan fasilitas komputer, terutama jenjang SMP,” ujarnya.

“Kalau SMP sekitar 30 sampai 40 persen yang kekurangan [komputer] tetapi biasanya sekolah-sekolah kecil,” kata dia.

SMP yang kekurangan fasilitas, dalam pelaksanaan UNBK akan direkomendasikan untuk menggunakan fasilitas SMA dan SMK. Dalam hal ini, Disdikpora DIY sudah berkoordinasi dengan semua pihak agar ujian sekolah bagi SMA/SMK tidak bersamaan dengan pelaksanaan UNBK SMP, mengingat ujian sekolah SMK juga dihelat basis komputer.

“Sudah kami perhitungkan, jadwal ujian sekolah tidak akan bersamaan dengan UN SMP, sehingga SMK tetap bisa menggunakan komputer untuk ujian sekolah,” imbuhnya.

Aji juga menyebut, madrasah yang masihnkekurangan fasilitas komputer juga dapat memanfaatkan fasilitas SMA/SMK saat ujian Madrasah. Madrasah dapat memanfaatkan fasilitas komputer di SMA/SMK terdekat demi kelancaran ujian di madrasah.

UN jenjang SMA/MA akan digelar pada tanggal 9-12 April 2018, dan susulannya juga dilaksanakan pada 17-18 April 2018. Sedangkan jenjang SMP/MTs akan berlangsung pada tanggal 23-26 April 2018, dan susulannya pada 8-9 Mei 2018. (Andi)

Check Also

UNBK 2016

Ini Penjelasan Mendikbud Soal Gangguan Server UNBK SMP

Edupost.id – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP tahun ini diwarnai kendala gangguan server. Menteri …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=