Kamis , 30 Maret 2017
Home / Berita Pendidikan / 41 SMP di Sleman Siap UNBK Mandiri, Sekolah Lain Menumpang
siswa memakai komputer dalam pembelajaran
Siswa memakai komputer dalam pembelajaran

41 SMP di Sleman Siap UNBK Mandiri, Sekolah Lain Menumpang

Edupost.id – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Arif Haryono menyebut, sebanyak 41 SMP di Sleman telah siap menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini secara mandiri. Ia memastikan, 41 sekolah tersebut sudah memenuhi standar pelaksanaan UNBK.

Arif menambahkan, masih ada kemungkinan jumlah SMP di Sleman yang siap UNBK akan bertambah. Pihaknya masih tetap menunggu kesiapan sekolah lainnya hingga tanggal 25 Januari.

“Batas penetapan penyelenggara UNBK mandiri kan tanggal 25 Januari, jadi masih ada kemungkinan buat tambah lagi sekolah,” katanya beberapa waktu lalu.

Meski belum mampu menggelar UNBK secara mandiri, bukan berarti siswa sekolah itu tidak bisa mengerjakan UNBK. Nantyinya, sekolah yang belum bisa menyelenggarakan UNBK secara mandiri akan menumpang di sekolah lain, baik di SMA, SMK, atau SMP terdekat.

Disdik Sleman juga sudah memetakan sekolah – sekolah yang menumpang UNBK di sekolah lain. Berdaskan pemetaan itu, Disdik menjamin semua sekolah di Sleman akan dapat menggelar UNBK tepat waktu. Adapun total sekolah setingkat SMP di Sleman berjumlah 137 unit, dengan peserta UN tahun ini sebanyak 14.554 orang.

Seluruh sekolah yang menyatakan siap menggelar UNBK secara mandiri telah memiliki saana penunjang. Di antaranya meliputi sarana prasarana, ketersediaan komputer, server, jaringan internet, dan listrik. Sementara untuk genset, menurut Arif, sebagian sekolah sudah memiliki sendiri, dan sebagian yang lain menyewa.

Di tingkat DIY, hingga saat ini baru 50 persen SMP yang siap menggelar UNBK secara mandiri. Namun, Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskara Aji menjamin 50 persen SMO yang belum bisa UNBK mandiri akan tertampung di sekolah lain yang telah memiliki sarana dan prasarana UNBK.

Pemerintah pusat memiliki rencana untuk membagi dua gelombang pelaksanaan UNBK pada dua pekan yang berbeda. Hal ini dilakukan dengan menyesuaikan kondisi sarana-prasarana di masing-masing sekolah. (Andi)

Check Also

Soal-Ujian-Terlalu-Sulit-Nilai-UN-SMP-2016-Turun

Sekolah di Kabupaten Bogor Tidak Semua Ikut UNBK

Edupost.id- Hanya sebanyak 144 SMP di Kabupaten Bogor yang tahun ini mengikuti Ujian Nasional Berbasis …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *