Sabtu , 25 November 2017
Home / Berita Pendidikan / 44 Rektor PTN PTS Jabar Deklarasi Cegah Radikalisme di Kampus
Deklarasi Anti Radikalisme PTN PTS Jawa Barat
Deklarasi Anti Radikalisme PTN PTS Jawa Barat

44 Rektor PTN PTS Jabar Deklarasi Cegah Radikalisme di Kampus

Bandung – Kekhawatiran akan menurunnya semangat nasionalisme dan cinta tanah air serta makin jauhnya penghayatan terhadap nilai-nilai Pancasila di kalangan kampus adalah suatu pandangan yang berlebihan. Kampus justru menjadi salah satu ujung tombak penanaman nilai-nilai Pancasila kepada generasi masa depan bangsa. 

Sepatutnya kampus diberi ruang yang lebih untuk mengembangkan pemikiran-pemikiran tentang nilai-nilai Pancasila. Ketidakpahaman sering terjadi karena bias informasi dan kurang pembekalan yang memadai. Untuk itu, 44 Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se Jawa Barat bersama-sama mendeklarasikan komitment anti radikalisme sebagai bentuk antisipasi dari pudarnya pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila.

Deklarasi yang dilaksanakan di Grha Sanusi Aula Universitas Padjadjaran (14/7) yang dihadiri lebih kurang 500 peserta ini dihadiri oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir, Menteri Komunikasi danInformatika Rudiantara, Rektor Universitas Padjdjaran sebagai Tuan Rumah, Rektor IPB, Rektor Intitut Teknologi Bandung (ITB), Rektor PTN dan PTS lainya serta Pangdam III Siliwangi.

Dalam kesempatan ini Rektor IPB, Herry Suhardiyanto mewakili Rektor PTN PTS se Jabar menyampaikan pentingnya memperkuat pemahaman terhadap NKRI, Pancasila, UU Dasar 45 serta nilai-nilai yang terkandung dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika.

“Radikalisme perlu kita cegah agar tidak mengganggu perjalanan bangsa kita mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan kita yaitu Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Kami seluruh pimpinan dan segenap warga kampus PTN maupun PTS di Jawa Barat berkomitmen untuk mengambil peran aktif untuk mencegah radikalisme. Untuk menghapuskan dan mencegah radikalisme, kami akan memastikan berkembangnya pemahaman yang benar mengenai prinsip-prinsip kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Herry.

Herry menambahkan para Rektor PTN dan PTS di Propinsi Jawa Barat akan meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan tinggi serta berupaya semaksimal mungkin untuk mencegah tumbuhnya radikalisme di lingkungan masing-masing. (Zul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *