Kamis , 19 Januari 2017
Home / Berita Pendidikan / 54 Budayawan Menerima Penghargaan Maestro dari Kemdikbud
54 Budayawan Menerima Penghargaan Maestro dari Kemdikbud
54 Budayawan Menerima Penghargaan Maestro dari Kemdikbud (Foto : Kemdikbud.go.id)

54 Budayawan Menerima Penghargaan Maestro dari Kemdikbud

Edupost.id-Penyerahan Anugerah Kebudayaan dan Seni Tradisi 2016 diberikan oleh Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Irjen Kemendikbud) kepada 54 budayawan dan lembaga kesenian.

Dalam sambutannya di Gedung Teater Taman Ismail Marzuki Jakarta jumat lalu, Daryanto mewakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Ia mengatakan “Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi 2016 ini merupakan apresiasi dan berdedikasi tinggi bagi pembangunan kebudayaan di Indonesia,” Atas nama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Daryato mengucapkan selamat kepada penerima Anugerah dan Penghargaan serta dukungan agar budayawan terus berkarya dan membangun Indonesia tercinta.

Sebanyak 54 budayawan dan lembaga penerima Anugerah dan Penghargaan terdiri dari sembilan ketegori yakni, 14 orang penerima Gelar Tanda Kehormatan Presiden RI, 10 orang kategori Pecinta, Pelopor, dan Pembaru, 9 penerima Anugerah kategori Pelestari, 5 orang dari kategori Anak dan Remaja, 4 orang dari kategori Maestro Seni Tradisi, 3 orang dari Komunitas, 3 orang Media, 3 orang kategori pemerintah daerah dan 3 orang lainnya dari kategori Perorangan Asing.

Daryanto menambahkan, “Apresiasi dengan banyaknya tokoh yang menerima anugerah kebudayaan ini, akan menumbuhkan pengetahuan, khususnya bagi generasi muda untuk mengenal budaya asli dari Indonesia tanpa kesulitan memajukan kebudayaan ini,” tuturnya.

Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi merupakan kegiatan tahunan dan telah diselenggarakan sejak tahun 2012 oleh Kementerian Pendidikan dan kebudauaan melalui Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya.

Bupati Purwakarta, Jabar Dedi Mulyadi megucapkan langkah Kemendikbud untuk kembali membangun karakter bangsa Indonesia dimana karakter itu bukan hanya padfa aspek yang bersifat budaya, tetapi juga aspek yang bersifat normatif.

“Membiasakan diri dengan kebudayaan Indonesia,
Bupati Purwakarta, Jawa barat, Dedi Mulyadi sebagai salah satu penerima Anugeragh kebudayaan dari kategori Pelesatarian mengucapkan, apresiasi ini bagian dari langkah Kemendikbud untuk kembali membangun karakter bangsa Indonesia, dimana karakter itu bukan hanya ada pada aspek-aspek yang bersifat kultural tetapi juga harus ada aspek-aspek yang bersifat normatif. (KEMDIKBUD/IK-SS)

Check Also

Kemdikbud

Bantah Larang Nonton Anime, Kemdikbud Adukan Akun Palsu

Edupost.id- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kemendikbud melaporkan akun penyebar berita palsu (hoax) ke Facebook. Akun …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *