Minggu , 11 Desember 2016
Home / Berita Pendidikan / 60 Tim Siap Berlaga di Kontes Mobil Hemat Energi 2016
Mobil Semar UGM Siap Berlaga di KMHE 2016
Mobil Semar UGM Siap Berlaga di KMHE 2016 (foto: UGM)

60 Tim Siap Berlaga di Kontes Mobil Hemat Energi 2016

Edupost.ID – Sebanyak 60 tim dari 38 Perguruan Tinggi di Indonesia siap berlaga di dalam ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2016 di taman Wisata Candi Prambanan, 1-4 November 2016. Mereka akan turut berlomba untuk menjadi juara dan menyabet titel mobil teririt atau best fuel efficiency.

Direktur Direktorat Kemahasiswaan UGM, Dr. Senawi dalam sambutan pembukaan KMHE 2016 mengatakan, penggunaan bahan bakar di era saat ini mutlak dibutuhkan, mengingat cadanghan minyak mulai berkurang. Kontes mobil yang digelar oleh Kemnenristek Dikti ini diharapkan akan menjadi ajang kreativitas para mahasiswa menciptakan kendaraan hemat energy. Kompetisi ini menjadi salah satu wadah yang penting bagi riset dan pengembangan teknologi di bidang kendaraan hemat energi.

Ditambahkan senawi, 60 tim yang bertanding di putaran final merupakan hasil seleksi nasional dari 127 tim yang terdaftar. Sebelumnya, tim penilai dari Kemenristek Dikti telah menerima 127 tim dari 57 Perguruan Tinggi.

“Sebelumnya ada 127 tim pendaftar dari 57 Perguruan Tinggi, kemudian dinilai oleh Kemenristek Dikti, yang masuk ke final ada 60 finalis dari 38 Perguruan Tinggi,” ujar Senawi.

Ketua Pelaksana KMHE 2016, Dr. Adhika Widyaparaga menambahkan, dalam kompetisi tingkat nasional ini, terdapat dua kategori mobil, yaitu kategori prototype serta urban. Masing – masing menggunakan empat kategori bahan bakar, yaitu gasoline, diesel, listrik, serta etanol.

“Kategori urban diikuti oleh 27 tim, yaitu 8 tim menggunakan bahan bakar bensin, 5 tim diesel, 4 tim etanol, dan 10 tim listrik. Sedangkan kategori prototype diikuti oleh 33 tim, yaitu 12 tim menggunakan bahan bakar bensin, 4 tim diesel, 5 tim etanol, dan 12 tim listrik,” terang Adhika.

Setiap tim, menurut Adhika akan melintasi lintasan sepanjang 1,5 km selama 6 putaran. Mobil dengan penggunaan bahan bakar paling irit akan keluar sebagai pemenang. Disebutkan pula, bobot maksimal kendaraan seberat 200 kg. (Andi)

Check Also

UGM Juarai Kontes Robot Terbang Indonesia

UGM Juarai Kontes Robot Terbang Indonesia

Edupost.id – UGM berhasil menjuarai Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2016 yang dilaksanakan pada 23-26 …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *