Selasa , 21 November 2017
Home / Berita Pendidikan / 715 Sekolah DIY Terakreditasi A
siswa-SMA
Ilustrasi. Siswa SMA

715 Sekolah DIY Terakreditasi A

Edupost.ID – Ketua Badan Akreditasi Provinsi (BAP) Sekolah/Madrasah DIY, Suhadi menjelaskan tahun in ada 715 sekolah di DIY yang mendapat akreditasi A, 229 sekolah terakreditasi B, dan sisanya terakreditasi C. Sebelumnya, DIY mendapatkan kuota akreditasi terhadap 949 sekolah.

“Setelah dilakukan vusitasi dan seleksi akhirnya diputuskan, dari 949 sekolah itu sebanyak 715 sekolah mendapat akreditasi A, 229 sekolah akreditasinya B, dan 5 sekolah akreditasi C,” terangnya.

Sekolah-sekolah yang menjadi sasaran akreditasi menurut Suhadi terdiri dari SD, MI, SMP, MTs, SMA, MA, dan SMK. Secara rinci, sekolah yang menjadi sasaran akreditasi berasal dari jenjang SD sejumlah 602 sekolah, 83 MI, 100 SMP, dan 30 MTs. Di jenjang SMA ada 7 sekolah, MA ada 10 sekolah, program keahlian SMK ada 85, dan SLB ada 32.

Terkait hal ini, Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan akreditasi menjadi salah satu evaluasi pendidikan yang paling lengkap karena memuat delapan standar penilaian. Sekolah harus mampu mencapai delapan standar pendidikan nasional secara keseluruhan sesuai sistem pendidikan nasional.

Akreditasi juga menjadi upaya penting agar sekolah menjaga kualitasnya dari sisi standar. Hasil akreditasi tersebut nantinya akan menjadi acuan bagi pengambil kebijakan dari level apapun.

Kepada sekolah yang masih terakreditasi C, Aji meminta agar pihaksekolah atau madrasah segera memperbaiki diri. Bahkan, Disdikpora akan melarang sekolah berakreditasi C menerbitkan sertifikat keahlian maupun ijazah bagi anak didik yang lulus.

“Masak iya di DIY masih ada sekolah yang terakreditasi C. Karenanya sekolah harus segera memproses akreditasi, terutama bagi SMK yang akreditasnya per program keahlian jadi harus jeli,” ungkapnya. (Andi)

Check Also

siswa-SMA

Ribuan Sekolah di Indonesia Telah Terakreditasi A dan B

Edupost.ID-  Sebanyak 51.013 sekolah dan madrasah sepanjang tahun 2016 telah diakreditas oleh Badan Akreditasi Nasional …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *