Senin , 23 Juli 2018
Home / Berita Pendidikan / 78 Persen Siswa Siap Ikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer
UNBK
Siswa mengikuti simulasi Ujian nasional berbasis komputer (UNBK)

78 Persen Siswa Siap Ikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer

Edupost.id – Tahun 2018, sebanyak 78 persen peserta didik siap mengikuti UN berbasis komputer (UNBK). Keseluruhan, UN tahun ini akan diikuti 8,1 juta peserta didik dan 96 ribu satuan pendidikan.

“Sebanyak 78 persen peserta didik siap mengikuti UN berbasis komputer (UNBK ). Jumlah peserta UNBK tahun ini meningkat signifikan dari penyelenggaraan tahun lalu,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud, Totok Suprayitno, dikutip dari siaran pers Kemdikbud, Kamis (15/3).

Kemendikbud mencatat, sebanyak 6.293.552 peserta didik siap mengikuti UNBK. Jumlah ini meningkat signifikan, mencapai 166 persen dari tahun sebelumnya, yang mencapai 3,7 juta peserta. Kemendikbud mengapresiasi peran serta pemerintah daerah dalam penyelenggaraan ujian nasional tahun ini.

Berdasarkan data Kemendikbud, ada 17 provinsi yang siap menyelenggarakan 100 % UNBK pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Provinsi yang dimaksud adalah Aceh, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, D.I. Yogyakarta, D.K.I. Jakarta, Gorontalo, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Lampung, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Tengah.

Sementara provinsi yang siap menyelenggarakan 100 % UNBK pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) di antaranya Aceh, Banten, Bangka Belitung, D.I. Yogyakarta, D.K.I. Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Gorontalo, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Nusa Tenggara Barat.

Sedangkan provinsi yang siap menyelenggarakan 100 % UNBK pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) adalah D.K.I. Jakarta dan D.I. Yogyakarta.

Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Bambang Suryadi mengatakan, UNBK telah terbukti efektif meningkatkan indek integritas dalam pelaksanaan UN. Untuk itu, pihaknya akan berusaha terus meningkatkan kualitas pelaksanaan UN.

“UNBK telah terbukti efektif meningkatkan indek integritas dalam pelaksanaan UN. Tantangan kita berikutnya adalah meningkatkan prestasi dan capaian dalam UN. Untuk itu perlu ada perbaikan dan peningkatan proses pembelajaran,” katanya.

Check Also

UNBK 2016

Ini Penjelasan Mendikbud Soal Gangguan Server UNBK SMP

Edupost.id – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP tahun ini diwarnai kendala gangguan server. Menteri …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=