Rabu , 20 September 2017
Home / Berita Pendidikan / Aduh! Kurikulum Indonesia Bikin Kita Jadi Kuli di Negeri Sendiri

Aduh! Kurikulum Indonesia Bikin Kita Jadi Kuli di Negeri Sendiri

Yogyakarta- Kondisi pendidikan Indonesia sejak masa Orde Baru hingga masa kini dinilai hanya menjadikan para lulusannya sebagai kuli di negeri sendiri. Hal ini diungkapkan peneliti Pusat Studi Pancasila Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Sutaryo.

“Meskipun ia seorang doktor, tetap menjadi kuli di negeri sendiri,” tandasnya. Sutaryo mengungkapkan, bila kurikulum 2013 diterapkan, ada dua kemungkinan yang terjadi, yaitu lulusan akan tetap menjadi kuli atau manusia berbudaya Indonesia. Pendidikan yang baik semestinya mampu menghasilkan lulusan berciri manusia berbudaya Indonesia.

Sementara itu, Kepala Pusat Studi Pancasila (PSP) UGM, Soedjito Sosrodihardjo menyampaikan, dunia pendidikan saat ini masih jauh dari harapan. Padahal “input” yang dimiliki membanggakan, banyak yang pintar dan cerdas.

“Namun, `output` yang dihasilkan tidak sebaik yang diharapkan. Mungkin salah satunya karena permasalahan kurikulum selama ini,” jelasnya.

Soedjito menilai, terjadi tarik ulur kepentingan dalam kurikulum selama ini. Bahkan kurikulum oleh banyak pihak tidak dipahami sebagaimana mestinya. “Tarik ulur kepentingan itu yang menjadi masalah,” ujar Guru Besar Fakultas Hukum UGM itu.

Check Also

Universitas Pertamina

Universitas Pertamina Tumbuhkan Pemahaman Teknologi Siswa SMA

Edupost.id – Pesatnya perkembangan teknologi informasi di masyarakat saat ini, Universitas Pertamina melalui slogannya, “Be …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *