Sabtu , 27 Mei 2017
Home / Berita Pendidikan / Agar Tak Salah Pilih, Sekolah Dampingi Siswa Pilih Mapel UN
ujian nasional
Ilustrasi. Ujian Nasional (UN)

Agar Tak Salah Pilih, Sekolah Dampingi Siswa Pilih Mapel UN

Edupost.ID – Mulai tahun ini, akan diberlakukan sistem Ujian Nasional (UN) dengfan format bartu. Setiap peserta UN dibebaskan memilih satu mata pelajaran sesuai jurusan yang akan diujikan dalam ujian. Menanggapi hal ini, sekolah akan berupaya melakukan pendampingan kepada siswa dalam memilih mapel tersebut.

“Kami akan mendampingi anak dalam memilih mapel yang akan diujikan. Guru mapel juga akan memberikan pertimbangan tentang mapel apa yang paling dikuasai anak,” ungkap Hartiningsih, Waka Humas MAN Yogyakarta 1.

Aning menambahkan, pendampingan ini oerlu dilakukan agar anak tidak salah pilih. Aning khawatir pilihan yang dijatuhkan siswa hanya mengikuti teman – temannya, bukan karena kemampuan masing – masing. Jika ini terjadi, akan berdampak pada nilai UN yang kurang maksimal.

Terkait pelaksanaan ujian, MAN Yogyakarta 1 menyatakan kesiapannya menggelar Ujian Nasional Berbasis Kompetensi (UNBK). Seperti diketahui, Dikpora DIY meminta seluruh sekolah di DIY menggelar UNBK pada 2017. Untuk itu, pihak sekolah telah menambah komputer untuk UNBK sehingga berjumlah 90 unit.

Hal senada diungkapkan oleh kepala SMA Colombo Sleman, Sri Rejeki Andadari. Meski siswa berhak menentukan pilihan sendiri, bukan berarti sekolah tak boleh memberikan masukan kepada siswa. Selain memberikan pendampingan kepada siswa, pihak sekolah juga menggandeng orang tua untuk turut mendampingi anak – anaknya dalam menentukan pilihan.

“Utamanya kami berikan pendampingan kepada siswa kelas XII yang akan mengikuti ujian. Kami berikan pendampingan terkait pilihan mapel. Kami juga akan mengundang orang tua untuk memberikan pemahaman kepada mereka,” terang Sri.

Terkait pelaksanaan ujian, SMA Colombo Sleman juga menyatakan kesiapannya menggelar UNBK. Karena belum mampu menyediakan proktor dan teknisi, sekolah ini pada ujian tahun ini masih akan menumpang ujian di SMK terdekat, yakni SMKN 2 Depok Sleman.

“Komputer sudah siap, tapi proktor dan teknisinya yang belum siap. Jadi tahun ini masih akan ujian di SMK terdekat, SMKN 2 Depok,” imbuh Sri.

Pada tahun 2017, siswa peserta UN SMA mendapat kebebasan memilih satu mata pelajaran sesuai minat dan kemampuan yang dimiliki, dan sesuai jurusan masing – masing. Nantinya, satu mapel pilihan itu akan melengkapi tiga mapel lain yang sudah pasti akan diujikan. (Andi)

Check Also

siswa memakai komputer dalam pembelajaran

41 SMP di Sleman Siap UNBK Mandiri, Sekolah Lain Menumpang

Edupost.id – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Arif Haryono menyebut, sebanyak 41 SMP di Sleman …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *