Rabu , 18 Januari 2017
Home / Berita Pendidikan / Akhlak Rendah, 8 Siswa SMP Tidak Lulus UN
Akhlak-Rendah-8-Siswa-SMP-Tidak-Lulus-UN
Siswa SMP Sedang Mengerjakan Ujian Nasional. (Foto: Edupost.id)

Akhlak Rendah, 8 Siswa SMP Tidak Lulus UN

Edupost.id, Yogyakarta –  Sebanyak delapan orang siswa SMP dinyatakan tidak lulus Ujian Nasional (UN) karena nilai akhlaknya rendah di DIY. Pengumuman kelulusan UN SMP 2016 akan diumumkan pada Sabtu (11/6) pukul 10.00 WIB.

“Laporan singkat yang saya terima ada 8 yang tidak lulus. Semuanya berasal dari sekolah yang sama di Gunung Kidul,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), K. Baskara Aji pada acara temu media di kantor Disdikpora DIY Jumat (10/6).

Namun, Aji enggan menyebut identitas siswa maupun sekolah tersebut. Aji hanya mengatakan, 8 siswa tersebut dinyatakan tidak lulus karena akhlak siswa tersebut yang dinilai masih rendah. Nilai pendidikan karakter para siswa tersebut hanya “Cukup (C)”. Padahal nilai C menurut Aji tidak cukup untuk membuat siswa naik kelas atau lulus.

“Akhlak yang rendah kan tidak harus dipenjara, tapi bisa karena kurang disiplin atau lainnya,” imbuh Aji.

Selanjutnya, siswa yang tidak lulus akan dikembalikan ke sekolah. Pada tahun depan, mereka harus mengulang di kelas 9. Ini karena di jenjang SMP tidak diberlakukan ujian perbaikan.

Dibandingkan tahun sebelumnya, tingkat ketidaklulusan SMP DIY menurun. Tahun lalu, ada 12 siswa SMP tidak lulus UN yang tersebar di Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, dan Kabupaten Gunung Kidul.

Sementara, untuk jenjang SD, kelulusan DIY mencapai 100%. Artinya, tahun ini semua peserta US DIY dinyatakan lulus. (Andi)

Check Also

guru-mengajar

UN SMA 2017, Siswa Bisa Pilih Sendiri Mapelnya

Edupost.ID – Ada yang berbeda pada sistem Ujian Nasional (UN) 2017 jika dibandingkan tahun sebelumnya. …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *